Sertifikat Perawatan Pesawat GMF Diperpanjang

Dephub inspeksi pesawat Garuda
Sumber :
  • Ujang Zaelani

VIVAnews - Federal Aviation Administration (FAA) selaku otoritas penerbangan sipil Amerika Serikat (AS) memperpanjang Certivicate of Approval FAA yang sudah dimiliki PT GMF AeroAsia (Garuda Indonesia Group).

Keputusan itu diambil setelah FAA melakukan audit pada 23-30 Juli 2010. Audit oleh dua auditor FAA, yakni Jeffrey S Neuin (Principal Maintenance Inspector untuk GMF AeroAsia) dan Antonio C Blas itu juga mencakup Line Maintenance GMF di Station Denpasar, Bali.

"GMF memenuhi standar dan prosedur FAA, sehingga Certificate of Approval FAA yang dimiliki GMF dapat diperpanjang," kata Jeffrey S Neuin dan Antonio C Blass di kantor GMF AeroAsia, kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng dalam siaran pers di Jakarta, Minggu 1 Agustus 2010.

Audit harus dilakukan karena masa berlaku Certificate of Approval FAA yang dimiliki GMF akan habis pada 30 September 2010.

FAA melakukan audit terhadap GMF AeroAsia sebanyak dua kali dalam setahun karena GMF tergolong perusahaan MRO besar. Audit pertama sudah dilakukan pada 19-23 April 2010 dengan hasil memuaskan.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Audit kali ini merupakan yang kedua untuk menentukan perpanjangan masa berlaku Certificate of Approval. "Dengan demikian perpanjangan sertifikat bisa dilakukan," ujar Neuin.

Audit mencakup seluruh aspek perawatan pesawat yang termasuk dalam persyaratan perpanjangan sertifikat FAA. Beberapa item audit antara lain fasilitas Engine Test Cell, kalibrasi, tools store, material store, hangar, dan lain-lain.

Auditor juga  mengaudit proses perawatan pesawat Southern Air di GMF. Pesawat kargo di bawah registrasi FAA ini sedang menjalani perawatan D-Check di hangar 1 GMF.

Meskipun secara umum hasil audit cukup bagus, auditor memberikan rekomendasi atas beberapa finding yang ditemukan selama audit. Rekomendasi ini langsung ditindaklanjuti oleh GMF dengan melakukan corrective action.

"Tindakan perbaikan harus kami lakukan segera setelah auditor merilis rekomendasi," kata Fuad Abdullah, vice president Quality Assurance & Safety, GMF AeroAsia.

Menurut Fuad, audit FAA yang dilakukan secara rutin itu cukup penting bagi GMF untuk memastikan seluruh prosedur perawatan yang dijalani sesuai dengan standar dan regulasi. Aspek yang lebih penting lagi adalah kualitas perawatan yang baik sehingga dapat menjamin keamanan pesawat.

"Aspek aviation safety tetap menjadi prioritas GMF dalam menjalankan bisnis," tuturnya.

Pengakuan FAA atas standar dan prosedur perawatan pesawat di GMF tersebut penting bagi perusahaan dalam mengembangkan bisnisnya. Sebab, Certificate of Approval dari otoritas penerbangan sipil internasional merupakan modal dasar bagi perusahaan MRO untuk meraih kepercayaan pasar.

"Pengakuan FAA ini dapat lebih meyakinkan airlines yang berada di bawah registrasi FAA untuk bekerja sama dengan GMF AeroAsia," kata dia.

Selain mendapat pengakuan dari FAA, GMF AeroAsia telah memiliki Certificate of Approval EASA (Eropa) dan DKUPPU (Indonesia) serta beberapa negara lain.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024