Waduk Jatigede Beroperasi 2014

waduk Jatiluhur
Sumber :
  • Antara/ Saptono

VIVAnews - Pemerintah menjanjikan kepada petani Indramayu, waduk jatigede akan segera beroperasi pada 2014 mendatang. Tahap final pembangunan diperkirakan selesai pada 2013.
 
Menko Perekonomian Hatta Rajasa mengatakan waduk Jatigede ini akan menjadi solusi pengairan petani di Indramayu yang mengeluh kesulitan air saat cuaca ekstrim.
 
"Tapi itu tidak sendiri, sampai 2014 kami (pemerintah) harus juga menyelesaikan bagaimana mengairi 7,4 juta hektare persawahan di seluruh Indonesia," kata Hatta dalam dialog bersama para petani Desa Beduyut, Indramayu, Jumat 20 Agustus 2010.
 
Waduk besar seperti Jatigede di Jawa Barat, kata Hatta, adalah salah satu contoh yang akan segera diselesaikan. Komitmen ini diseriusi mengingat Jawa Barat terutama wilayah Indramayu adalah salah satu sentra produsen beras.
 
Wakil Menteri Pekerjaan Umum Hermanto Dardak mengatakan waduk yang sudah mulai dalam proses pembangunan ini biayanya ditanggung dari APBN dan juga dana pemerintah daerah.
 
"Itu juga dengan bantuan pemerintah China," kata Hermanto. Sayangnya berapa total investasi waduk itu, ia tidak ingat angka persisnya. "Nanti kalau dibangun, itu akan bisa menampung 900 ribu meter kubik air atau hampir satu juta kubik," kata dia.

Menurut Hermanto, tak hanya menyelesaikan waduk, tapi pemerintah juga akan memperbaiki saluran primer dan sekunder agar seluruh kawasan di Indramayu bisa terairi oleh Waduk Jatigede.

Fenomenal, 8 Fakta Menarik Buku Habis Gelap Terbitlah Terang
Ilustrasi balap liar.

Balap Liar Maut di Bekasi, Pemotor Cewek Tewas Tertabrak

Viral di media sosial, aksi balap liar di Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, atau tepatnya di depan Stadion Patriot Candrabhaga.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024