Siapa Penguasa Kawasan Bisnis Jakarta?

Jalan Sudirman, Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/Maryadie

VIVAnews - Kawasan segi tiga emas (central business distric/CBD) Ibu Kota Jakarta sepertinya tidak pernah mati dari pembangunan proyek-proyek properti para pengembang besar. Meski lahan semakin menyempit, para pebisnis properti tak pernah berhenti melebarkan usahanya.

Namun, siapa saja pengembang-pengembang yang saat ini terbilang menjadi penguasa di kawasan CBD yang terbagi menjadi kawasan Sudirman, Kuningan, Thamrin, dan Gatot Subroto, serta Satrio?

Menurut Arief Rahardjo, associate director Grup PT Cushman & Wakefield Indonesia, Artha Graha masih tercatat sebagai penguasa Sentra Kawasan Bisnis Sudirman. "Meski di situ ada Tan Kian, dengan proyek Pacific Place tapi ia tetap menggandeng Grup Artha Graha," ujarnya kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 22 November 2010.

Sedangkan di bilangan kawasan Sudirman lainnya, kata dia, di situ ada Tri Hatma atau Grup Agung Podomoro (APG) dengan Plaza Semanggi yang dibangun menjadi satu dengan Gedung Veteran Republik Indonesia.

Untuk kawasan Kuningan, dia mengaku terdapat sejumlah pengembang besar seperti PT Bakrieland Development Tbk dengan proyek besarnya Rasuna Epicentrum Kuningan, PT Jakarta Setiabudi Internasional Tbk (JSI) dengan Plaza Setibudi dan Setiabudi One Entertainment Centre, serta Tan Kian dengan Ritz Calton dan JW Marriot.

Di kawasan Thamrin, Arief menyebut terdapat Grup Djarum yang membangun Grand Indonesia, mal paling mewah di Indonesia. Serta Plaza Indonesia, pusat perbelanjaan yang dikembangkan PT Global Property Development Tbk (sebelumnya bernama PT Kridaperdana Indahgraha Tbk).

Sedangkan untuk kawasan Gatot Subroto, terdapat PT Mulia Indoland, yang membangun Wisma Mulia, Wisma GKBI, Mal Taman Anggrek, dan Hotel Mulia.

Sementara itu, di kawasan bisnis Satrio diperebutkan sejumlah pengembang besar seperti Grup Agung Podomoro dengan proyek Kuningan City dan Grup Ciputra dengan proyek besarnya Ciputra World. "JSI juga ada di Satrio, tetapi lahanya belum dibangun," kata dia. (hs)

Meet Nicole Shanahan, VP Candidate of the United States
VIVA Otomotif: SPKLU di rest area untuk mobil listrik

Daftar Tempat Charging Mobil Listrik di Tol Trans Jawa saat Mudik Lebaran 2024

Anggota BPJT Unsur Masyarakat, Tulus Abadi menambahkan pihaknya juga sudah menyediakan SPKLU bagi pemudik, yang berkendara menggunakan mobil listrik di sejumlah rest area

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024