Harga Naik Rp450, Pertamax Tetap Laris

BBM: Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Sejumlah operator stasiun bahan bakar mengaku belum melihat dampak signifikan atas kenaikan harga Pertamax sebesar Rp450 per liter pada 1 Januari lalu.

Rudi, kepala SPBU 34.13605 Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, mengatakan bahwa belum ada perubahan signifikan pada penjualan Pertamax tiga hari terakhir. "Dampaknya belum terlihat signifikan, karena masih dalam suasana liburan," kata dia saat ditemui VIVAnews.com, Senin 3 Januari 2010.

Namun, menurut dia, penjualan Pertamax justru makin laris. Ini tidak lain karena musim liburan.

Sama halnya dengan Rudi, Murdianto, pengawas SPBU 31.13602 Cililitan, Jakarta Timur, mengatakan naiknya harga Pertamax tidak mempengaruhi penjualan. Justru penjualan Pertamax pada libur Tahun Baru meningkat.

Kalau Istri Hyperseks apa yang Perlu Dilakukan Suami? Begini Nasehat Dokter Boyke

"Pertengahan bulan mungkin baru terlihat penurunan penjualan karena mereka yang biasa gunakan Pertamax beralih ke Premium," kata Murdianto.

Terhitung mulai 1 Januari 2010, PT Pertamina (Persero) menaikkan harga eceran bahan bakar minyak nonsubsidi rata-rata sebesar Rp450 per liter.

Vice President Corporate Communication PT Pertamina Mohammad Harun mengatakan, kenaikan harga Pertamax tersebut dilakukan seiring adanya kenaikan harga minyak mentah dunia. Selama ini Pertamina selalu menyesuaikan kenaikan harga BBM nonsubsidi sesuai dengan harga patokan minyak ICP.

Kenaikan harga, kata Harun, merupakan langkah yang sudah terjadwalkan. Sebab, Pertamina biasanya melakukan review harga BBM nonsubsidi setiap dua minggu sekali. "Harga kenaikan BBM nonsubsidi yang baru ini berlaku untuk seluruh Indonesia," katanya.

Sementara itu dari pantauan di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umur (SPBU) di Jakarta, terlihat adanya kenaikan harga Pertamax dari sebelumnya Rp7.050 per liter menjadi Rp7.500 per liter. Sementara harga Pertamax Plus naik dari sebelumnya Rp7.450 per liter menjadi Rp7.900 per liter. (hs)

Ilustrasi/Pelajar diamankan saat mau tawuran.

10 Tips Mencegah Aksi Kekerasan Antar Siswa di Sekolah

Untuk mencegah terjadinya aksi kekerasan di lingkungan sekolah, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti oleh guru, orang tua, dan siswa:

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024