BRI Dibobol, Rp29 Miliar Selamat

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk.
Sumber :
  • www.skyscrapercity.com

VIVAnews- Bank Indonesia dan Bareskrim Mabes Polri bekerja sama mengungkap delapan kasus pembobolan bank yang terjadi di akhir 2010 hingga Maret 2011. Salah satunya adalah Bank BRI yang mengalami potensi kerugian

Direktur II Tindak Pidana Ekonomi Khusus Bareskrim Mabes Polri Brigjen Pol Arief Sulistyo mengatakan kasus pembobolan kas BRI Tamini Square melibatkan supervisor bank berinisial AM dan empat tersangka lain. Modusnya membuka rekening atas nama tersangka dan mentransfer uang kas ke dalam rekening yang ditukar dalam bentuk dolar.

Bagaimana penjelasan BRI?

Corporate Secretary BRI Muhamad Ali menjelaskan supervisor itu menyalahgunakan kewenangannya dengan melakukan transaksi fiktif. Adanya sistem deteksi dini BRI, kemudian diketahui transaksi mencurigakan.

Kena Tilang Elektronik saat Perjalanan Mudik Lebaran, Ini Cara Mengurusnya

"Tim kita datang, setelah diketahui, kami berkoordinasi dengan penegak hukum," ujar dia kepada VIVAnews di Jakarta, Rabu, 6 April 2011.

Menurutnya uang yang digangsir itu bisa diselamatkan BRI. Sehingga BRI hanya mengalami potensi kerugian Rp29 miliar. Uang yang dibobol merupakan uang kas BRI, bukan nasabah BRI.

Kasus ini terjadi karena buruknya integritas pegawai bank. Ia menjelaskan meski sistem internal sudah bagus namun jika kelakuaan pekerja buruk maka hal itu tetap akan terjadi. Dengan jumlah karyawan sebanyak 75 ribu di seluruh Indonesia tidak mungkin BRI mengawasi satu persatu karyawannya.

Untuk mencegah pembobolan bank, BRI melakukan pengawasan aktif dan pasif. Pengawasan pasif dilakukan dengan mencetak rekening mencurigakan setiap hari. Sedangkan pengawasan pasif yaitu melakukan audit mendadak ke unit kerja tertentu."Namanya resident auditor, yang ditempatkan di unit kerja tertentu" ujarnya. (eh)

5 Sosok Jenderal Bintang 1 yang Dilantik Panglima TNI Jadi Kasdam, Ada eks Kadispenad
Ilustrasi minum air/air putih.

Menakjubkan, Ternyata Banyak Khasiat di Balik Moon Water yang Jarang Diketahui

Hingga saat ini banyak orang yang percaya, bahwa bulan berpengaruh pada sisi emosional manusia hingga fisik. Itulah mengapa mereka terus mempertahankan tradisi moon water

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024