Kenapa Harga Emas Dunia Anjlok?

Emas Batangan
Sumber :
  • VIVAnews/Ist

VIVAnews - Harga emas turun satu persen pada Rabu dinihari, 13 April 2011. Ini merupakan penurunan tajam setelah Goldman Sachs mengumumkan prediksi harga komoditas.

Goldman Sachs, Senin lalu merekomendasikan kliennya agar mengambil keuntungan pada komoditas. Goldman menilai, harga komoditas saat ini sudah terlalu tinggi, dan saatnya investor mengambil keuntungan.

"Pernyataan Goldman Sachs telah memicu penurunan harga emas," kata Anthony Neglia, presiden Tower Trading Group seperti dikutip The Street.

Harga emas pengiriman Juni anjlok US$14,50 dan menetap di level US$1.453,60 per ounce di divisi Comex New York Mercantile Exchange.

Sementara itu, Sydney Morning Herald melaporkan, harga spot emas turun satu persen menjadi US$1.451,69 per ounce. Sebelumnya harga emas sempat mencapai rekor di posisi US$1.476,21 per ounce pada Senin.

"Harga emas telah meningkat 11 persen sejak akhir Januari," tulis laporan itu.

Harga perak juga turun 0,3 persen pada US$40,04 per ounce. Perak sempat mencapai harga tertinggi dalam 31 tahun terakhir pada Senin dengan posisi US$41,93 per ounce.

Di antara kelompok logam platinum, platinum kehilangan 0,7 persen menjadi US$1.768,50 per ounce, sedangkan paladium turun 2,6 persen menjadi US$760,72 per ounce. (art)

Proyek Pengolahan Sampah Jadi Energi di Bekasi Terancam Gagal Karena Tata Kelola Buruk
Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Partaonan Daulay

PAN ke PPP: Akui Dulu Prabowo-Gibran Menang Pilpres Jika Mau Gabung Koalisi

Ketua DPP PAN, Saleh Partaonan Daulay mengatakan seharusnya PPP lebih dahulu mengakui kemenangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka dalam Pilpres 2024, jika partai b

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024