Emas Ini Paling Diburu di BRI Syariah

Ilustrasi/Emas Batangan
Sumber :
  • VIVAnew/Ist

VIVAnews - Sejak diluncurkan pada pertengahan Juni lalu, animo masyarakat terhadap program Kepemilikan Logam Mulia (KLM) BRI Syariah terus meningkat. Hal itu tidak terlepas dari terus naiknya harga emas dunia yang sempat menembus US$1.800 per troy ounces.

"Animo masyarakat untuk KLM cukup baik," kata Direktur Utama BRI Syariah, Ventje Rahardjo, kepada VIVAnews.com di Jakarta.

Terpopuler: Negara Paling Bahagia di Asia sampai Ramalan Zodiak

BRI Syariah baru dua bulan meluncurkan program KLM atau tepatnya pada 15 Juni 2011. Program tersebut diarahkan sebagai sarana investasi dan nilai lindung emas dari aset nasabah.

Menurut Ventje, hingga Juli 2011, BRI Syariah mengeluarkan pembiayaan pembelian emas kepada nasabah mencapai Rp30 miliar. Sementara itu, pada akhir tahun, BRI Syariah menargetkan pendapatan dari KLM bisa mencapai Rp400 miliar.

Program Kepemilikan Logam Mulia BRI Syariah memberikan pilihan investasi kepada masyarakat untuk mencicil emas batangan dengan berat 10 gram hingga 12,5 kilogram. Jangka waktu pembiayaan ditentukan selama 6 bulan sampai 15 tahun.

Sementara itu, patokan harga emas yang digunakan adalah harga emas saat masyarakat membeli saat itu.

Di antara berbagai berat emas batangan yang ditawarkan oleh BRI Syariah, Ventje mengakui ukuran emas seberat 50 gram merupakan jenis yang paling banyak diincar masyarakat.

Di tengah antusiasme masyarakat mengoleksi emas sebagai bentuk investasi, sejumlah ekonom memperkirakan harga emas yang naik pada saat gejolak saham global diprediksi akan menurun dalam waktu satu hingga dua pekan mendatang.

Ekonom Standard Chartered Bank, Fauzi Ichsan mengatakan, satu hingga dua pekan pasar emas memang masih fluktuatif. Namun, setelah data ekonomi keluar dan adanya kepastian arah ekonomi dunia, harga emas bisa terkoreksi. "Harga saham bisa naik lagi," kata Fauzi kepada VIVAnews.com.

Kenaikan harga emas karena merosotnya kepercayaan investor terhadap dolar AS. Ini disebabkan penurunan peringkat utang jangka panjang Amerika oleh Standard & Poor's dari AAA menjadi AA+. (art)

Panglima TNI Geram Danramil Ditembak OPM, Iran Punya Hak Balas Dendam ke Israel
VIVA Otomotif: Mobil SIM Keliling

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Rabu 17 April 2024

Dilansir dari laman Korlantas Polri Rabu 17 April 2024 bagi yang ada di wilayah Jakarta Pusat bisa datang ke Kantor Pos Lapangan Banteng. Satu mobil SIM Keliling ada di w

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024