Harga Kedelai Naik, Indikasi Rawan Pangan?

Tidak Berproduksi Tahu Tempe
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Masyarakat Indonesia beberapa hari terakhir ini dihadapkan dengan melonjaknya harga komoditas pangan yaitu kedelai. Harga bahan baku pembuat tempe, tahu, dan susu ini melonjak tajam, akibat kekeringan yang melanda Amerika sebagai eksportir terbesar kedelai di Indonesia.

Menurut Rektor Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta, Pratikno, melonjaknya harga pangan khususnya kedelai sangat ironis bagi Indonesia sebagai negara agraris. Ketergantungan Indonesia terhadap impor bahan pangan yang menjadi makanan favorit penduduknya itu cukup besar.

Kubu Anies dan Ganjar Ingin Hadirkan Menteri jadi Saksi di MK, Airlangga Hartarto Beri Jawaban

"Adanya ketergantungan kedelai dari luar negeri merupakan indikasi Indonesia tengah dilanda krisis pangan," kata Pratikno saat ditemui, Rabu 25 Juli 2012.

Meski hanya masalah harga kedelai yang membubung tinggi, menurut dia, kondisi itu tidak boleh disepelekan. Karena, pemerintah belum menemukan cara untuk mengatasi kenaikan harga kedelai yang berimbas terancamnya para perajin tempe atau tahu di Indonesia itu.

"Pemerintah harus memperhatikan permasalahan pangan ini secara serius, karena sudah menjadi indikasi Indonesia rawan pangan," tegasnya.

Pratikno menambahkan, langkah yang harus segera dilakukan pemerintah saat ini adalah melindungi petani. Salah satu upayanya dengan kebijakan yang mendukung peningkatan kedaulatan dan ketahanan pangan nasional agar tidak lagi tergantung dari impor.

Berduka Atas Meninggalnya Ayah Nassar, Inul Daratista Beri Doa Terbaik

"Keberpihakan pemerintah terhadap petani harus ditunjukkan agar kemandirian pangan dapat tercapai dan tidak dipermainkan oleh negara pengekspor bahan pangan," tuturnya. (art)

Nagita Slavina

Respons Nagita Slavina Saat Tyas Mirasih Ingin Jual Tas demi Biaya Pengobatan

Tyas Mirasih saat itu ingin menjual tas miliknya kepada Nagita dan Raffi untuk membantu biaya pengobatan sang ibunda.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024