Pemerintah Hidupkan Waduk Jati Gede

Waduk Saguling untuk PLTA di Bandung Barat
Sumber :
  • Antara/ Rosa Panggabean

VIVAnews - Pemerintah menghidupkan kembali pembangunan Waduk Jati Gede di Jawa Barat yang mangkrak sejak 1980. Pemerintah akan mempercepat pembebasan lahan dan ganti rugi kepada masyarakat setempat.

Untuk mewujudkan rencana itu, pemerintah membentuk tim verifikasi yang akan dilakukan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan melibatkan pihak terkait seperti Badan Pertanahan Nasional (BPN). Waduk terbesar kedua setelah Jatiluhur itu digagas sejak 1963 dan selesai didesain 1980.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menjelaskan, permasalahan utama molornya proyek tersebut terkait kondisi sosial, seperti pembebasan lahan dan ganti rugi kepada masyarakat setempat.

Pinjam Uang di Bank Syariah Apakah Riba? Ini Penjelasan Buya Yahya

Menurut dia, pemerintah daerah telah berupaya menyelesaikan permasalahan itu. Namun, hingga saat ini masih ada resistensi dari penduduk setempat. Untuk mempercepat penyelesaian itu, pemerintah pusat akan campur tangan mencari solusi yang terbaik.

Hatta menargetkan pembangunan waduk itu harus selesai sesuai jadwal, yakni paling lambat akhir 2013. Sebab, sebagian pembiayaannya telah terikat kontrak dengan investor dari China.

"Dari zaman itu sebetulnya sudah dilakukan pembebasan," ujar Hatta di kantornya, Jakarta, Selasa, 14 Agustus 2012.

Pembangunan Waduk Jati Gede menelan biaya US$400 juta atau sekitar Rp4 triliun. Dana tersebut digunakan untuk mengairi sekitar 90 ribu hektare lahan persawahan dan membangun pembangkit listrik tenaga air (PLTA) yang mampu mengaliri listrik sebesar 110 megawatt.

Waduk seluas 4.973 hektare itu juga akan menahan banjir dan menjadi pusat pariwisata. "Manfaatnya luar biasa," tandasnya.

Sementara itu, Kepala Badan Pertanahan Nasional, Hendarman Supandji, mengungkapkan, pihaknya menargetkan verifikasi permasalahan lahan akan selesai tahun ini, sehingga proyek tersebut nantinya dapat selesai sesuai target. (art)

Munafik, Deretan Negara Arab Ini Justru Bantu Israel Hancurkan Palestina
Ilustrasi wanita/bercinta.

Hati-hati, 7 Dosa Bikin Pasangan Ogah Bercinta

Jangan lakukan kesalahan atau dosa ini kalau kamu mau hubungan bercinta kamu jadi berantakan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024