Enam Bulan Lagi, Karet Mentah RI Kuasai Pasar Dunia

karet alam
Sumber :
  • rubbercal.com

VIVAnews - Wakil Menteri Perdagangan RI, Bayu Krisnamurti, memproyeksikan Indonesia bakal menjadi produsen karet terbesar di dunia dalam enam bulan mendatang. Selain Indonesia, pemasok utama karet mentah dunia saat ini adalah Thailand dan Malaysia. 

"Kualitas karet mentah Indonesia lebih baik dibandingkan dengan karet mentah dari Malaysia atau Thailand sehingga Indonesia menjadi negara nomor 1 pemasok karet mentah," kata Bayu, di Yogyakarta, Rabu 19 September 2012

Bayu yakin, dengan kualitas karet mentah yang lebih unggul dibandingkan dua pesaingnya itu, bukan tak mungkin Indonesia bisa menjadi pemimpin pasar karet mentah dunia dalam waktu 5 hingga 6 bulan kedepan. 

Lebih lanjut Bayu menyatakan karet merupakan komoditas perkebunan yang memiliki peran penting bagi Indonesia. Selain menjadi sumber lapangan kerja utama di daerah, komoditi ini juga memberikan kontribusi yang signifikan bagi devisa negara. "Selain itu, juga sebagai pemasok bahan baku industri ban berperan penting dalam mendorong pertumbuhan sentra-sentra ekonomi baru," jelasnya

Data Kementerian Perdagangan menunjukan, luas areal perkebunan karet pada tahun 2011 mencapai 3,4 juta hektar. Dari areal itu, produksi karet mencapai 2,8 juta ton. Saat ini, Indonesia menempati posisi kedua setelah Thailand sebagai produsen karet alam.

Dalam beberapa tahun terakhir, perkebunan karet telah menjadi menarik perhatian bagi para pelaku agribisnis di dunia. Hal itu dikarenakan pertumbuhan pasar karet yang terus meningkat  secara konsisten disamping potensi keuntungan yang menjanjikan.  "Tingkat harga karet alam dunia cukup baik," kata Bayu.

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024