Tol Batang-Semarang Siap Masuk Tahap Pendanaan

Ilustrasi/Proyek jalan Tol Trans Jawa
Sumber :
  • Kementerian PU

VIVAnews - Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) paling lambat akan menandatangani perjanjian pengusahaan jalan tol (PPJT) dengan PT Marga Setia Puritama untuk pembangunan ruas tol Batang-Semarang.

Perkuat Ukhuwah, KEIND Ingin Berkontribusi Lebih untuk Negara

"Ini masih dalam proses melengkapi persyaratan saja, kami perkirakan tanda tangan pada akhir Januari," kata Kepala BPJT, Achmad Gani Ghazali, kepada VIVAnews di Jakarta, Senin 21 Januari 2013.

Menurut Gani, Marga Setia Puritama sebagai pemegang konsesi tol dengan nilai investasi Rp7,22 triliun itu menyatakan telah mendapatkan dukungan finansial untuk membangun tol ini.

Awas Kehabisan! Pendaftaran Mudik Gratis Moda Bus Kembali Dibuka, Kuota 10.000 Orang

Namun, dia menjelaskan, untuk pembiayaan bukan lagi urusan BPJT, melainkan perusahaan yang ditunjuk sebagai pemegang konsesi. "Kalau sumber pembiayaan itu urusan mereka. Saat konstruksi, kami langsung dari sisi administrasi," ujar Gani.

Gani menjelaskan, sesudah menandatangani PPJT, Marga Setia Puritama dibebaskan dalam setahun penuh untuk mencari pembiayaan dari pihak ketiga. "Kalau perusahaan nggak jalan juga, baru kami cabut konsesinya karena outperformance," katanya.

Banyak yang Mudik H-4, Menhub Minta Maskapai Berikan Promo di H-10

Tol dengan total panjang 75 kilometer itu adalah tol yang belum merealisasikan penandatanganan PPJT dari total 24 ruas tol yang kini dalam penggarapan.

Sementara itu, kepemilikan saham Marga Setia Puritama terdiri atas konsorsium PT Bayuen Permata Sari (55 persen), PT Karya Trampil (5 persen), dan PT Intsia Persada Permai (40 persen).

Salah satu dari ruas tol Trans Jawa ini pembangunannya akan dibagi menjadi lima seksi. Seksi pertama sepanjang 3,20 kilometer, seksi dua 36,35 kilometer, seksi tiga 11,05 kilometer, seksi empat sepanjang 13,50 kilometer, dan seksi lima 10,90 kilometer. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya