Target Penyelesaian Jalan Tol Trans Jawa Direvisi

Ilustrasi/Proyek jalan Tol Trans Jawa
Sumber :
  • Kementerian PU
VIVAnews
Mak Vera Tepati Janji, Datang ke Makam Olga Syahputra Tengah Malam
- Pemerintah akan merevisi target penyelesaian jalan tol Trans Jawa. Semula, pemerintah meyakini pembangunan jalan bebas hambatan yang dimulai dari Cikampek hingga Surabaya itu bakal rampung pada 2014.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

Namun, Dirjen Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum, Djoko Murjanto, Jumat 10 Mei 2013, mengatakan, ada tiga ruas jalan tol, yakni Semarang-Batang, Batang-Pemalang, dan Pemalang-Pejagan yang diperkirakan tidak bisa diselesaikan pada 2014.
Legislator Soroti Daya Beli Gen Z di Jakarta, Bisa Berkontribusi Besar Kendalikan Inflasi


"Pak Menteri (Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto) sebelumnya juga sudah menyampaikan, untuk tiga ruas ini akan mundur penyelesaiannya," ujar Djoko di Jakarta.


Djoko mengungkapkan, Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) untuk ketiga ruas ini baru saja menyetujui penggunaan dana Badan Layanan Umum (BLU) guna membebaskan lahan di ruas-ruas tol tersebut.


Dia menjelaskan, dengan ditandatanganinya BLU itu, maka sudah ada komitmen dari BUJT. Karena, pembebasan tanah akan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), nantinya BUJT akan mengganti dengan cara mengangsur ke kementerian.


Ia menambahkan, walaupun kecil, namun untuk ruas tol ini sudah ada laporan mengenai pembebasan tanah di ruas Pejagan-Pemalang.


Selain itu, Gubernur Jawa Tengah, Bibit Waluyo, telah menyatakan kesiapannya untuk mendukung jalan tol ini setelah komitmen yang dinyatakan BUJT.


Untuk enam ruas tol Trans Jawa lainnya, Djoko menyatakan, kementerian optimismenya, walaupun diperlukan kerja keras untuk penyelesaiannya. "Kami targetkan semua rual tol Trans Jawa bisa terhubung pada 2015, walaupun di akhir tahun," katanya.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya