BBM Naik, Pemerintah Siap Intervensi Harga Pangan

Pedagang Daging Sapi
Sumber :
  • VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan bahwa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi jenis solar diperkirakan akan menimbulkan infllasi hingga 1,6 persen.

"Kalau solar Rp 1.000 per liter, tambahan inflasinya 1,5 sampai 1,6 persen," ujar Hatta di kantornya, Jakarta 14 Mei 2013.

Dengan tekanan inflasi sebesar, Hatta melanjutkan, pemerintah sepakat untuk mengeluarkan paket-paket kebijakan guna meredam dampaknya di pasar. Salah satunya upaya intervensi pada harga pangan.

"Kami jaga inflasi pangan. Makanya kemarin saya putuskan intervensi daging, karena ingin menekan harga yang tidak normal sekarang ini," kata Hatta.

Sebelumnya, pemerintah menegaskan bahwa kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak akan sama untuk jenis premium dan solar.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Hatta Rajasa, menyatakan perlu dibedakan antara premium dan solar. Premium diusulkan naik Rp2.000 per liter, sedangkan solar naik Rp1.000 per liter.

Keputusan kenaikan harga BBM bersubsidi ini masih menunggu hasil pembahasan Rancangan Undang-Undang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan (RUU APBN-P) 2013 antara pemerintah dan DPR RI bulan ini. (eh)

Heboh Dugaan TPPO, Begini Pengakuan Mahasiswa Unnes saat Ikuti Ferienjob di Jerman
Pemain Chelsea rayakan gol Raheem Sterling

Chelsea Proteksi Raheem Sterling dari Hinaan Fans

Pelatih Chelsea, Mauricio Pochettino coba memproteksi Raheem Sterling. Pemain asal Inggris itu menjadi sasaran ejekan suporter saat tampil di Piala FA lawan Leicester.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024