Pemangkasan Anggaran Proyek Tahun Jamak Jadi Opsi Terakhir

Proyek Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR I) seksi W2 Kebon Jeruk-Ulujami
Sumber :
  • Antara/ Yudhi Mahatma

VIVAnews - Pemerintah memutuskan untuk memotong anggaran belanja beberapa kementerian dan lembaga untuk menjaga kesehatan keuangan. Upaya itu dilakukan sebagai konsekuensi atas kebijakan menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi yang direncanakan mulai berlaku pada Juni mendatang.

Pemotongan anggaran belanja terbesar terjadi di Kementerian Pekerjaan Umum, yakni mencapai Rp6,1 triliun.

Dirjen Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan umum, Mohamad Hasan, Senin 27 Mei 2013, menjelaskan bahwa dana tender proyek tidak termasuk dalam anggaran yang bakal dipangkas. "Yang pasti adalah sisa lelang pasti akan kami keluarkan," ujar Hasan kepada VIVAnews.

Hasan memperkirakan, dari sisa lelang ini Ditjen SDA bisa menghemat anggaran sekitar Rp550 miliar. Oleh karena itu, pihaknya juga akan amat berhati-hati untuk memangkas anggaran pembangunan.

Shell Indonesia Bakal Tutup Seluruh SPBU di Medan, Manajemen Ungkap Alasannya

Pemotongan terhadap anggaran yang sifatnya tahun jamak atau multi-years akan menjadi opsi paling akhir. "Memang, kalau terpaksa harus dikurangi lagi, mau tidak mau dikurangi," kata Hasan.

Hasan pun berupaya agar tidak ada pemotongan anggaran proyek waduk. "Seperti Jatigede tidak kena pemotongan anggaran. Namun, keputusan pastinya mudah-mudahan dalam berapa hari ke depan sudah ada," kata Hasan. (art)

Duel AS Roma vs AC Milan

5 Fakta Menarik AS Roma Usai Singkirkan AC Milan di Liga Europa

AS Roma berhasil menumbangkan AC Milan dengan skor 2-1 dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024