Solaria: Kami Segera Urus Sertifikat Halal MUI

ilustrasi makanan pedas
Sumber :

VIVAnews - Manajer Operasional Solaria, Dedy Nugraha, Jumat 2 Agustus 2013, mengakui bahwa restorannya memang belum mendapat sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Namun, Dedy menegaskan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera mengurus sertifikasi halal itu sebagai jaminan kehalalan makanan dan minuman yang disajikan di restorannya. Solaria sudah merencanakan untuk mengajukan permohonan sertifikat halal itu kepada MUI pada pertengahan Agustus 2013. "Kami pasti akan mengurusnya ke MUI," ujar Dedy ketika dihubungi VIVAnews.

Kenapa pertengahan Agustus baru diurus? Dedy menjelaskan, ini demi menyesuaikan jadwal agar tak terbentur tanggal libur Lebaran.

Selain itu, Dedy melanjutkan, kegiatan bisnis Solaria dipastikan meningkat menjelang maupun saat hari raya itu. Dia menambahkan, Solaria memang bukan pemain baru dalam bisnis restoran di Tanah Air. Kegiatan bisnis Solaria di Indonesia telah dirintis sejak 1995.

Terpopuler: Pengakuan Shin Tae-yong ke Ernando, Kata Pelatih Australia Usai Dihajar Timnas Indonesia

Meski terbilang lambat dalam mengurus sertifikat halal ini, menurut Dedy, ini masih lebih baik ketimbang tidak sama sekali.  "Bagi kami, tidak ada kata terlambat. Nawaitu atau niatnya kami mengurus sertifikat ini memang ada," kata Dedy.

Dedy menambahkan, menu-menu Solaria menggunakan bahan-bahan yang halal. Oleh karena itu, isu penggunaan minyak babi di Solaria adalah tidak benar.

"Saya tahu prosesnya dari awal, mulai dari bahan hingga pembuatannya. Sama sekali tidak ada minyak babi yang kami gunakan. Kami hanya menggunakan minyak kemasan. Kami juga tidak menggunakan minyak curah," kata Dedy.

Sebelumnya, Lembaga Pengkajian Pangan, Obat, dan Kosmetika Majelis Utama Indonesia (LPPOM MUI), Jumat 2 Agustus 2013, menegaskan bahwa restoran Solaria belum memiliki sertifikasi halal.

Melalui situs halalmui.org, LPPOM MUI menyatakan bahwa pihaknya belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan atau minuman dan mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran ini.

"LPPOM MUI belum pernah melakukan pemeriksaan atas produk makanan/minuman dan atau mengeluarkan sertifikat halal untuk restoran Solaria di mana pun, sehingga MUI tidak menjamin kehalalan makanan/minuman yang disajikan oleh restoran Solaria," demikian kutipan di situs tersebut. Selengkapnya baca .

Ilustrasi perkelahian dan pengeroyokan.

Detik-detik Pelaku Dugaan Pelecehan Seksual Anak di Bawah Umur Diamuk Massa

Saat hendak diamankan, massa yang geram sempat menghakimi pelaku berulang kali hingga babak belur. Bahkan polisi sempat dibuat kewalahan dengan banyaknay massa.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024