Kereta Jalur Sukabumi-Bogor dan Sukabumi-Cianjur Akan Diaktifkan

BUMN Award 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi
VIVAnews
Arema FC Langsung Tatap Laga Lawan PSS 
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Dahlan Iskan, Senin 21 Oktober 2013, menyatakan presiden mendukung inisiatif pengaktifan kembali jalur kereta Jakarta-Sukabumi. Kementerian BUMN pun untuk segera melaksanakan pengoperasian jalur kereta itu.

Sentil Gugatan Paslon 01 dan 03 di MK, Qodari Soroti 2 Hal Ini

Dalam keterarangan tertulisnya, Dahlan menjelaskan bahwa ia telah meninjau Stasiun Sukabumi dan menilai kondisinya terawat meskipun sudah hampir setahun tidak ada kereta yang lewat di situ.
Kunjungan ke Luar Negeri, Prabowo Subianto Akan ke China dan Bertemu Xi Jinping


"Dalam dua bulan ke depan, Dahlan menegaskan, PT KAI sudah bisa mengoperasikan kereta api jurusan Sukabumi-Bogor. Lalu, ditambah dengan jurusan Sukabumi-Cianjur lima bulan lagi," " ujar Dahlan dalam pesan singkat yang diterima
VIVAnews.

Khusus untuk jalur Sukabumi-Cianjur, Dahlan melanjutkan, akan ada perbaikan rel. Karena biayanya belum dianggarkan APBN, maka perbaikan rel ini akan menggunakan dana dari Kementerian BUMN.


"Kira-kira Rp50 miliar," kata Dahlan.


Sebelum rel itu tidak aktif, Dahlan menambahkan, ada kereta api jurusan Sukabumi-Bogor yang melintas, tapi hanya sekali per hari. Dahlan berjanji kalau jalur tersebut berfungsi kembali, jalur Sukabumi-Bogor akan lebih sering dilalui kereta api.


"Nantinya, akan sekaligus tiga kali sehari. KA-nya kelas ekonomi, tapi ber-AC. Dirut PT KAI, Ignasius Jonan, sedang mempersiapkannya saat ini," kata Dahlan.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya