Kawasan Kumuh Rel Kereta Jabodetabek Dibenahi

VIVAnews - Pemerintah memprioritaskan revitalisasi jalur rel kereta api Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, dan Bekasi (Jabodetabek). Pasalnya disekitar jalur inilah terdapat paling banyak masalah sosial masyarakat seperti kawasan kumuh.

"Pembenahan awal jalur sepanjang rel sudah dikerjakan," kata Menteri Perhubungan Jusman Syafii Djamal dalam konferensi pers bersama di Stasiun Kereta Api Jakarta Kota setelah kunjungan peninjauan kawasan kumuh di koridor kereta api Jabodetabek, Jumat, 8 April 2009.

Menurut dia, pada tahun anggaran 2009 Departemen Perhubungan Direktorat Jenderal Perkeretaapian mengalokasikan dana Rp 20 miliar untuk perbaikan sarana kereta api di rute Jakarta Kota-Tanjung Priok yang melewati Jalur Senen. "Pembenahannya dimulai dengan perbaikan sarana jembatan dan pagar dulu," kata Jusman.

Untuk pembuatan pagar di sekitar lokasi rel kereta api di jalur lain, pihaknya menyatakan akan mencanangkan pada anggaran tahun 2010.

Penertiban dan penataan jalur Jabodetabek, kata Jusman diperkirakan akan selesai dalam dua tahun ke depan. Selain itu, sosialisasi kepada masyarakat mengenai pembanguna rel sudah dilaksanakan. Pihaknya juga berjanji untuk mensosialisasi penertiban kawasan kumuh.

Mengenai insentif terhadap masyarakat sekitar rel agar masuk direlokasi, Jusman mengatakan rencana besarnya akan dibahas dalam pertemuan dua minggu kedepan.

Ditambahkan Jusman, setelah penataan jalur kereta api Jabodetabek, Dirjen Perkeretaapian akan melanjutkan menata jalur di kawasan luar Jabodetabek. "Seperti kawasan kumuh di sekitar rel di Surabaya," katanya.

Menteri Koordinator Perekonomian Sri Mulyani mengatakan untuk revitalisasi jalur kereta pada anggaran 2010, apabila dianggap penting bisa saja pemerintah merelokasi anggaran antar departemen. "Bisa relokasi di Departemen PU atau relokasi anggaran Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) di Menkokesra," kata Sri.    

Dikatakannya, revitalisasi jalur KA Jabodetabek dalam dua minggu Menko perekonomian mengajak departemen dan kementerian terkait. Instansi tersebut yaitu Kementerian koordinator Kesejahteraan rakyat  (Menko Kesra), Departemen Perhubungan, Departemen Pekerjaan Umum, Kementerian Perumahan Rakyat (Menpera), Kementerian sosial, serta Pemda.

Pertemuan akan membahas rencana jangka pendek dan jangka menengah hingga 2010 mengenai  revitalisasi jalur KA Jabodetabek termasuk konsekuensi anggaran dana.

Pelaku Jambret Tinggalkan Mobil Patroli Polisi yang Dia Bawa Kabur di Pinggir Jalan Lalu Kabur
Ilustrasi meruqyah

Cara Ruqyah Diri Sendiri Sesuai Syariat Islam, Agar Terbebas dari Gangguan Jin

Ruqyah atau Rukyah merupakan metode pengobatan menggunakan doa pada orang yang sakit akibat dari ‘ain (pandangan), sihir, rasa sakit, hingga gangguan jin.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024