Lagarde, Wanita Pertama yang Jadi Pimpinan IMF

Managing Director IMF, Christine Lagarde
Sumber :
  • REUTERS/Akintunde Akinleye
VIVA.co.id
Menko Darmin Antisipasi Proyeksi Muram IMF
- Baru-baru ini, majalah ekonomi terkemuka
Forbes
IMF Peringatkan Pemerintah Indonesia
, menempatkan Christine Lagarde, Kepala Dana Moneter Internasional (IMF), sebagai wanita paling berpengaruh keenam di dunia.

IMF: Reformasi Subsidi Energi RI Bisa Jadi Percontohan
Kiprah yang paling disorot saat ini, adalah menghangatnya krisis utang Yunani. Lagarde yang memimpin IMF, ikut dalam perundingan, agar tercapai kesepakatan terkait utang Yunani, untuk mencegah kebangkrutan Negeri Para Dewa itu dan keluar dari zona euro.

Lalu, siapakah Lagarde? Dikutip dari laman The Guardian, Jumat 28 Agustus 2015, Lagarde lahir di Paris pada Januari 1956. Ayahnya, Robert Lalloutte, adalah seorang profesor Bahasa Inggris. Sedangkan ibunya, Nicole, berprofesi sebagai guru Bahasa Latin.

Prestasi Lagarde sudah nampak dari remaja. Dia pernah mewakili Prancis mewakili lomba renang. Bakat politiknya mulai nampak, saat ia menekuni cabang olahraga.

Saat Lagarde berusia 17 tahun, ayahnya meninggal dunia. Saat itu, ia duduk di SMA Mayland. Dia, lalu menghabiskan waktu untuk magang politik di Capitol Hill.

Kembali ke Prancis, Lagarde kuliah di University of Nanterre dan mendapatkan gelar sarjana Bahasa Inggris, Hukum Perburuhan dan Sosial. 

Lagarde, kemudian mengambil master jurusan Ilmu Politik di Aix. Tahun 1981, dia kembali ke Amerika Serikat, dan magang di kantor hukum internasional Baker & McKenzie. 

Di awal karier, Lagarde memilih sebagai associate yang mengkhususkan mengurusi tenaga kerja, anti-trust, merger, dan akusisi perusahaan. 

Kariernya terus berkembang. Enam tahun berkiprah di dunia kerja, Lagarde sudah menjabat sebagai Chairman di salah satu perusahaan di Eropa Barat. Tahun 1999, dia terpilih menjadi wanita pertama yang duduk sebagai Chairman.

Tahun 2005, Presiden Prancis saat itu, Jacques Chirac, memintanya untuk kembali ke Prancis dan mengemban jabatan sebagai menteri junior untuk perdagangan luar negeri Prancis.

Tahun 2007, Lagarde terpilih menjadi menteri keuangan dan menjadi wanita pertama yang memegang jabatan bukan hanya di Prancis, tetapi juga di G8. Dia menjabat sebagai menteri urusan ekonomi dalam kelompok ekonomi G8 dan menjadi wanita pertama yang menjabat pimpinan IMF. 

The Financial Times pernah menempatkannya sebagai menteri keuangan terbaik di kalangan negara-negara yang menggunakan mata uang euro pada 2009.

Pada 28 Juni 2011, Lagarde diangkat menjadi Managing Director IMF untuk masa jabatan lima tahun menggantikan Dominique Strauss-Kahn.

Sayangnya, kecemerlangan kariernya tak sejalan dengan keharmonisan keluarga Lagarde. Lagarde bercerai dengan suami, yang telah memberinya dua anak. Kemudian sejak 2006, dia memilih hidup dengan teman hidupnya, seorang pengusaha asal Marseille.

Lagarde, saat ini memilih menjadi vegetarian, serta memiliki hobi gym, bersepeda, berenang, dan berkebun. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya