Suzuki Motor Akan Buyback Saham VW

Suzuki Wagon R 3-Row Concept
Sumber :
  • Motorbeam

VIVA.co.id - Perusahaan otomotif Jepang, Suzuki Motor menyatakan akan melakukan pembelian balik (buyback) 19,9 persen saham yang dijual kepada perusahaan otomotif Jerman, Volkswagen AG.

Harga Minyak Dunia Turun, Pasar Khawatir Stok Melimpah

Dilansir Reuters, Senin 31 Agustus 2015, rencana ini dibuat setelah sebuah pengadilan arbitrase internasional memerintahkan VW untuk menjual kepemilikannya.

Akibat keputusan ini, saham Suzuki melonjak 4,6 persen pada perdagangan awal hari ini, Senin 31 Agustus 2015.

Kemitraan antara Suzuki dan VW telah berakhir dengan perseteruan, karena Suzuki menuduh VW berusaha mengendalikan perusahaan. Suzuki, kemudian mengajukan gugatan ke pengadilan arbitrase pada November 2011. Saham milik VW yang diakuisisi pada Januari 2010 bernilai US$1,9 miliar, saat ini bernilai US$3,8 miliar pada penutupan bursa, Jumat 28 Agustus 2015.

Kedua perusahaan menyatakan menyambut baik keputusan Pengadilan Internasional Abitrase Kamar Dagang Internasional. Suzuki menyatakan hal ini tidak memiliki dampak terhadap keuangan perusahaan tahun ini.

VW dalam pernyataannya menyebutkan belum dapat mengetahui dampak dari buyback itu terhadap keuangan mereka, sampai perusahaan sudah mengoordinasi penjualan saham Suzuki. (asp)

Saham di Wall Street Ditutup Sedikit Menguat
Suzuki New SX4 S-Cross di GIIAS 2016.

Ini Mobil-mobil Terbaru Suzuki di GIIAS

New SX4 S-Cross membawa sejumlah fitur baru.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016