Pemerintah Siapkan Sejumlah Paket Stimulus Ekonomi

darmin nasution
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, kembali memanggil menteri-menteri yang berada di bawah koordinasinya untuk membahas paket kebijakan stimulus ekonomi, guna mengatasi kondisi ekonomi Tanah Air yang melambat saat ini.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya

Darmin menyampaikan, hal-hal yang dibahas dalam rapat koordinasi siang tadi mengenai regulasi yang harus direvisi guna mengatasi perekonomian nasional.
Perlu Stimulus Dongkrak Dana Repatriasi Masuk Properti


"Itu terkait dengan banyak kementerian. Perdagangan, kesehatan, semua aturan yang kami anggap menyulitkan industri," ujarnya di kantor Kementerian Perekonomian, Jakarta, Selasa 1 September 2015.


Sebab, kata Darmin, industri merupakan bekal pertaruhan untuk dapat menghadapi persaingan secara global. "Kalau industri kita tidak bisa berkembang dan bersaing, maka kita tidak punya basis untuk berkembang dengan baik," tuturnya.


Darmin mengungkapkan, dalam paket kebijakan yang akan digodok menyangkut banyak hal yang sifatnya deregulasi, atau revisi kebijakan, termasuk intensif fiskal.


"Ada banyak, saya enggak bisa inget juga satu-satu. Ada deregulasi, ada menyangkut pangan, terutama daging, ya impornya apanya, seperti apa, kemudian ada menyangkut keuangan," katanya.


Darmin menjelaskan bahwa paket kebijakan tersebut akan diumumkan secara bertahap. "Kami usahakan ada yang diumumkan minggu ini," ujarnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya