DPR: Kedatangan Bos IMF Beda dengan Orde Baru

Direktur IMF dan mantan Menteri Keuangan Prancis, Christine Lagarde
Sumber :
  • Reuters
VIVA.co.id
Rupiah Melemah, Tertekan Gejolak Ekonomi Global
- Pimpinan DPR pada Rabu siang ini, menerima kunjungan Direktur Pelaksana Dana Moneter Internasional (IMF) Christine Lagarde. Wakil Ketua DPR Taufik Kurniawan dan Ketua Komisi XI Fadel Muhammad menyambut kedatangan bos IMF itu dan melakukan pertemuan secara tertutup di Ruang Pimpinan DPR di Gedung Nusantara III.

IHSG Diproyeksi Naik, Ini Pendorongnya
Usai pertemuan, Taufik mengatakan, kunjungan IMF kali ini berbeda dengan kunjungan sebelumnya di penghujung masa Orde Baru.

Lebih Oke Mana, Ekonomi RI atau Brasil?
"Kedatangan IMF dulu dengan yang sekarang ini berbeda. Dulu, barangkali situasi politik. Kita sangat ingat betul, bagaimana posisi postur Direktur IMF Michel Camdessus saat itu di akhir Orde Baru," kata Taufik, Jakarta, Rabu 2 September 2015.

Taufik menerangkan, kedatangan petinggi IMF kali ni bukan dalam kapasitas menawarkan bantuan kepada Indonesia. Pertemuan kali ini, katanya, lebih membahas soal perlemahan rupiah, kondisi ekonomi global, dan khususnya harga minyak dunia. 

Menurutnya, dari IMF dan Indonesia bisa belajar dan bekerja sama guna mengantisipasi krisis ekonomi tersebut. 

"Karena situasi ekonomi sudah 'unpredictable', termasuk 'undervalue' dari nilai rupiah, tentunya ini jadi salah satu poin yang kita harapkan, IMF memiliki suatu kedekatan dengan PBB, juga pemerintah Amerika Serikat," terang Taufik.

Sementara itu, Christine Lagarde memuji langkah antisipasi Indonesia dalam menghadapi gejolak ekonomi global. Menurut Mantan Menteri Keuangan Perancis itu, Indonesia sudah cukup baik dalam mempertahankan tren pertumbuhan ekonominya.

"Jaring pengaman sektor keuangan yang dimiliki Indonesia sudah cukup baik untuk membuat solid sektor keuangan,” kata Lagarde. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya