Kementerian PUPR Tawarkan Investasi Rp931 Triliun

Peresmian Waduk Jatigede
Sumber :
  • Antara/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) dalam lima tahun ke depan akan mempercepat pembangunan sejumlah proyek infrastruktur yang dapat dijadikan ajang bisnis para investor. Tak tanggung-tanggung, besaran investasi yang ditawarkan mencapai Rp931 triliun.

Menanti Pintu Gerbang Dunia di Kulonprogo

"Proyek-proyek SDA (sumber daya alam) dikhususkan bagi ketahanan pangan nasional. Dana yang tersedia kami peruntukkan untuk membangun 49 waduk baru, satu juta jaringan irigasi dan rehabilitasi (2,2) juta jaringan irigasi,” kata Menteri PUPR, Moch. Basuki Hadimoeljono seperti dilansir dari laman Kementerian PUPR, Kamis, 3 September 2015.

Proyek yang ditawarkan meliputi proyek ke bina marga-an senilai Rp278,177 miliar, proyek Sumber Daya Air (SDA) senilai Rp361,561 miliar dan proyek ke Cipta Karya-an senilai Rp128,106 miliar serta proyek perumahan senilai Rp184,663 miliar.

Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop

Menurut Basoeki, dengan akan dibangunnya waduk-waduk baru diharapkan nantinya mampu menjamin pasokan air untuk irigasi menjadi sekitar 19 persen – 20 persen. Dengan ini maka pola tanam semakin terjamin.

Bila saat ini ada daerah irigasi yang kekeringan mungkin itu di luar irigasi yang dijamin waduk. Bila dijamin waduk paling hanya 30 persen yang terkena kekeringan. Hingga kini dari 7,1 juta hektare lahan irigasi yang dijamin airnya dari waduk masih di bawah 1 juta hektare (ha).

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas

“Bukan saya mengecilkan prediksi EL–Nino. Tapi terkadang prediksi itu kan bisa meleset. Buktinya di Sumbawa kemarin diguyur hujan lebat."

(mus)

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama

Ahok Tuduh Ada Anak Buahnya Sengaja Gagalkan Pemerintahan

"Halus mainnya di sini. Tujuannya apa?"

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016