Cara Menteri Rini 'Paksa' Perusahaan BUMN Melantai di Bursa

Menteri BUMN Rini Soemarno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Terobos Pendemo, Menteri Rini Naik Motor Patwal
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan pelat merah dan anak usahanya untuk melantai di bursa. Menteri BUMN, Rini Soemarno pun tengah menyiapkan
roadmap
Cari Pemain Saham Baru, BEI Gandeng Indosat dan Trimegah
untuk memastikan hal tersebut bisa terwujud. 

Sukseskan Tax Amnesty, OJK Perlonggar Syarat Modal Sekuritas
Rini mengatakan, roadmap yang disiapkan disusun berdasarkan perusahaan per jenis usaha dan per sektor. Sehingga perusahaan BUMN yang melantai tidak hanya yang berkecimpung di sektor tertentu. 

Baca juga: 

"Jadi, memang itu yang kami lihat baik untuk kemungkinan memperkuat atau memperbesar bursa efek kita dengan meng-IPO (initial public offering) kan anak usaha, tapi, ini masih kami bahas," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jakarta, Rabu 3 September 2015 . 

Rini mengaku sudah membuat tim khusus untuk menggarap roadmap ini yang terdiri dari jajaran deputi Kementerian BUMN dan para petinggi perusahaan pelat merah. Tim tersebut mengidentifikasikan perusahaan mana yang paling siap untuk segera melakukan IPO.

"Sekarang semua deputi dan CEO sedang mendetilkan satu per satu dengan roadmap besarnya yang dipersiapkan. Mungkin satu bulan lagi akan kelihatan (hasilnya)," ujarnya menambahkan.

Sebelumnya, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mendorong perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan entitas anak usahanya masuk pasar modal. Hal tersebut bertujuan untuk menawarkan potensi pendanaan melalui pasar modal, mengingat peran strategis bursa Indonesia dapat menjadi pilihan dalam rangka mengembangkan usahanya.

Baca juga:

Kepala Eksekutif Pengawas Pasar Modal OJK Nurhaida menyampaikan, untuk mendukung program pemerintah melalui proyek jangka panjang infrastruktur membutuhkan pendanaan yang tidak sedikit. Untuk itu, perusahaan pelat merah turut berpartisipasi dalam pasar modal.

(mus)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya