Empat BUMN Ini Siap Buyback

Menteri BUMN Rini Soemarno
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0
- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Rini Soemarno, menyebut ada empat emiten pelat merah yang siap membeli kembali sahamnya atau
buyback
Pejabat yang Rangkap Jabatan di BUMN Diminta Buat LHKPN

Erick Thohir Klaim Temukan 53 Kasus Korupsi di BUMN
Perusahaan BUMN tersebut akan menggunakan dana internal untuk melakukan buyback.

"Sekarang yang sudah siap buyback itu PT Bank Rakyat Indonesia Persero, PT Bank Negara Indonesia, PT Bukit Asam Persero, dan PT Waskita Karya, jumlahnya cukup besar," kata Rini, di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis, 3 September 2015.

Dia mengatakan, bahwa dana yang digunakan perseroan untuk membeli kembali sahamnya, berasal dari internal perseroan.

"Internal ada, tapi yang cukup aktif di pasar modal adalah asuransi dan dana pensiun. Mereka juga harus melakukan divestasi untuk dana-dananya," kata Rini.

Dia menuturkan, bahwa ada beberapa tujuan perusahaan itu melakukan buyback. Misalnya, pembelian saham ini bertujuan untuk keperluan saham karyawan (employee stock option program/ESOP).

Ketika ditanya tentang harga saham emiten BUMN yang menguat karena wacana buyback, Rini menyebut pihaknya masih mempertimbangkan pembelian kembali sahamnya.

"Kami melihat price earning (PE)-nya. Turunnya sudah berapa. Ada perusahaan yang turunnya 45 persen, tapi naiknya baru lima persen. Itu dianalisis secara total," kata dia. (ase)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya