DPR Dorong Penggunaan Bahan Lokal untuk Hindari PHK

Demo buruh PT Panarub Dwi Karya.
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Syaefullah
VIVA.co.id - Anggota Komisi VI DPR RI, Eka Sastra, mengaku cukup khawatir dengan pelemahan ekonomi Indonesia. Hal itu bakal berdampak pada sektor industri yang memicu pemutusan hubungan kerja (PHK) massal.
Cerita Boediono Saat RI Hadapi Krisis Ekonomi

"Ancaman PHK sebagai bentuk respons perusahaan terhadap memburuknya kinerja perusahaan perlu kita antisipasi. Komisi VI DPR sudah meminta menteri perindustrian untuk memantau perkembangan industri terkait PHK agar bisa diminimalisasi," kata Eka di kompleks parlemen, Jakarta Jumat, 4 September 2015.
63 Ribu Buruh Pabrik Tekstil Terancam PHK, Ini Kata Apindo

Eka menambahkan, DPR sudah sering membahasnya dengan berbagai lembaga terkait. Semua berupaya untuk mempertahankan industri agar menghindari PHK.
Jaringan Media Al Jazeera akan PHK Karyawan di Seluruh Dunia

"Bahkan, kami mengundang Kadin (Kamar Dagang dan Industri Indonesia) dan mantan menteri perindustrian untuk mendapatkan masukan mengenai kondisi perburuhan dan industri untuk jadi bahan rapat kami dengan kementerian terkait," ujarnya.

Politikus Partai Golkar itu menjelaskan, ada persoalan yang harus diselesaikan secara berjenjang, jangka pendek hingga jangka panjang. Jangka pendek berarti memperkuat struktur industri Indonesia yang berbahan baku dalam negeri untuk memperkokoh fundamental ekonomi.

Selain itu, berbagai insentif, seperti pajak dan kemudahan pinjaman dengan bunga rendah bagi para pelaku industri. Kompensasi yang diberikan pemerintah itu bisa dijadikan semacam sokongan agar para pelaku industri tidak melakukan PHK.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya