Program 100 Hari Kabinet SBY

Lembaga Penjamin Infrastruktur Jadi Prioritas

VIVAnews - Pembentukan guarantee fund atau perusahaan penjamin proyek-proyek infrastruktur kemungkinan akan masuk dalam program 100 hari Kebinet Indonesia Bersatu (KIB) II periode 2009-2014.
 
Menurut Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati rencana ini terkait pembahasan dalam National Summit kemarin, Kamis 29 Oktober 2009.
 
"Selama ini belum dibentuk, kami dalam posisi mendengar tentang bagaimana sistem kelembagaanya," kata Sri Mulyani di Lingkungan Kantor Menko Perekonomian, Jumat 30 Oktober 2009.
 
Sebagaimana diketahui bahwa selama ini rencananya guarantee fund akan dibentuk pada Juni 2009 namun terus mundur. Guarantee Fund dibentuk sebagai lembaga penjamin yang akan berbentuk perseroan terbatas untuk menjamin proyek-proyek yang layak dijamin dan sudah jelas pelaksanaanya.

Sambil menunggu, pemerintah sudah mulai sibuk mencari modal untuk lembaga penjamin infrastruktur ini. Pemerintah sendiri akan menyuntik dana sebesar Rp 1 triliun ke lembaga ini.
 
"Di Departemen Keuangan ini masuk kontigen liability," katanya. Untuk itu ketika dalam National Summit 2009 mendapat masukan dari berbagai aspek, pemerintah masih akan melihat evaluasi kelembagaan ini.
 
"Nanti kami lihat, kalau memang kelembagaan yang selama ini sudah didesain bisa dijalankan, akan dijalankan. Tapi kalau memang masukan dalam National Summit bisa diakomodasi, kami akan akomodasikan. Kalau bisa nanti akan kami masukkan dalam program 100 hari," katanya.

Terpopuler: Artis Keturunan Darah Biru sampai Proses Kelahiran Anak Perempuan Alyssa Soebandono
Presiden RI terpilih Prabowo Subianto menghadiri acara ulang tahun adik Tien Suharto, Siti Hardjanti Wismoyo di Gedung Perwayangan TMII, Jakarta Timur, Kamis, 25 April 2024

Resmi Jadi Presiden Terpilih, Prabowo Tak Akan Mundur dari Jabatan Menhan

Setelah ditetapkan sebagai presiden RI terpilih periode 2024-2029 Prabowo dipastikan tidak akan mundur dari jabatannya saat ini selaku Menteri Pertahanan RI.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024