7 Perusahaan Lolos Kualifikasi Proyek Listrik

VIVAnews - Tujuh perusahaan lolos tahap pra kualifikasi menjadi pengembang proyek listrik swasta (Independent Power Producer/IPP) Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Jawa Tengah berkapasitas 2x1.000 Megawatt (MW).

Menurut Direktur Perencanaan dan Teknologi PT PLN (persero) Bambang Praptono, dari 22 perusahaan yang berminat, hanya sembilan yang mengembalikan dokumen tender.

"Dari sembilan tadi, hanya tujuh yang lolos tahap pra kualifikasi," ujar dia ketika dihubungi wartawan di Jakarta, Kamis, 5 November 2009.

Menurut dia, perusahaan-perusahaan yang lolos pra kualifikasi di antaranya China Shenhua Energy Company, Suez-Tractebel yang berkonsorsium dengan J-Power, KEPCO, Maruben Corporation, Mitsubishi Corporation, China Yudean, konsorsium dengan CNTIC serta Mitsui Corporation, konsorsium dengan International Power.

PLN membuka tender PLTU Pemalang pada tanggal  22 Juni 2009. Pemenang tender nantinya akan menandatangani Perjanjian Jual Beli Listrik (Power Purchase Agreement/PPA) selama 30 tahun dengan PLN.

PLN mensyaratkan agar pengembang yang nantinya menjadi pemenang tender ini dapat menyelesaikan komitmen pendanaan pembangunan proyek pada tahun akhir 2010.

Rencananya, PLTU Pemalang akan mulai dibangun pada awal 2011 dan selesai tiga tahun kemudian.

antique.putra@vivanews.com

Prilly Latuconsina Ketahuan Masak Pakai LPG 3 Kg, ESDM Beri Sindiran Menohok
Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan, Anwar Sanusi

Kemnaker Imbau Hari Ini Menjadi Hari Terakhir Layanan Posko THR

Hari ini menjadi hari terakhir layanan Posko THR 2024. Setelah Posko ditutup, Kemnaker bersama dinas-dinas ketenagakerjaan akan menindaklanjuti aduan-aduan THR yang masuk

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024