BISNIS

Gita Wirjawan Dilantik 9 November

Gita ditunjuk Presiden SBY sebagai kepala Badan Koordinasi Penanaman modal.
Jum'at, 6 November 2009
Oleh : Umi Kalsum, Nur Farida Ahniar
Sidang Kabinet I : Gita Wirjawan, Bambang Hendarso Danuri

VIVAnews - Gita Wirjawan yang ditunjuk Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sebagai kepala Badan Koodinasi Penanaman Modal akan resmi dilantik pada 9 November 2009. Namun belum bisa dipastikan apakah pelantikan itu berbarengan dengan pelantikan sejumlah wakil menteri dan sekretaris kabinet.

"Yang melantik tidak harus Presiden, Menko Perekonomian juga bisa," kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Kamis 5 November 2009.

Pelantikan Gita Wirjawan memang menimbulkan spekulasi tersendiri. Gita mengikuti fit and proper test di Cikeas, sama dengan proses pemilihan menteri. Nama Gita juga diumumkan dalam pengumuman Kabinet Indonesia Bersatu II pada 21 Oktober 2009. Namun pada pelantikan  keesokan harinya, Gita tidak ikut dilantik dengan alasan akan dilantik bersama Sekretaris Kabinet.

Akan tetapi pada sidang kabinet paripurna perdana, Gita sempat diundang namun tidak lama kemudian ia ke luar ruangan rapat dan pulang.

Dalam sidang kabinet Kamis kemarin ada kejadian menarik seputar Gita. Gita yang pada sidang sebelumnya tidak diperkenankan ikut rapat, dalam sidang kali ini justru dicari-cari Presiden SBY. 

"Lho kemana kepala BKPM," kata Hatta Rajasa  menirukan pertanyaan Yudhoyono. Sayang orang yang dicari tidak ada.

Gita sendiri meski belum resmi dilantik sudah ikut lawatan Presiden ke KTT ASEAN di Hua Hin pada 23 Oktober 2008 lalu.

TERKAIT
TERPOPULER