BISNIS

Delta Dunia Tuntaskan Akuisisi Bukit Makmur

Perseroan secara hukum telah menjadi pemegang saham mayoritas pada Bukit Makmur.
Sabtu, 7 November 2009
Oleh : Arinto Tri Wibowo
ilustrasi investasi

VIVAnews - PT Delta Dunia Makmur Tbk (DOID) menyelesaikan transaksi akuisisi mayoritas saham dalam PT Bukit Makmur Mandiri Utama (Buma).

Delta membeli sebanyak 2.049.999 saham yang merupakan 99,99 persen saham yang ditempatkan dalam Buma dari PT Bukitmakmur Widya dan Johan Lensa.

Sejak Jumat 6 November 2009, perseroan secara hukum telah menjadi pemegang saham mayoritas pada Buma.

"Selesainya transaksi akuisisi ini menunjukkan langkah awal perseroan dalam mentransformasikan dirinya menjadi perusahaan yang bergerak di bisnis jasa pertambangan, termasuk kontraktor pertambangan," kata Direktur Utama Delta Dunia Gunawan Angkawibawa dalam siaran pers perseroan di Jakarta, akhir pekan ini.

Gunawan menambahkan, penyelesaian transaksi itu akan memberikan peningkatan nilai saham dari pemegang saham.

Selain itu, Northstar Tambang Persada Pte Ltd juga telah menyelesaikan transaksi pembelian sekitar 40 persen saham-saham di perseroan dari Lion Trust (Singapura) Limited, Amicorp Trustee (Singapura) Limited, dan Credence Trust (Singapura) Limited.

Dengan rampungnya transaksi ini, Northstar merupakan salah satu
pemegang saham perseroan.

"Dengan hadirnya Northstar sebagai pemegang saham perseroan, hal ini menunjukkan tingginya kepercayaan investor pada prospek usaha Delta Dunia," ujar Gunawan.

Seiring dengan transaksi itu, perseroan juga telah menandatangani akta perjanjian gadai saham dengan PT Bank Sumitomo Mitsui Indonesia. Berdasarkan perjanjian itu, perseroan menggadaikan seluruh saham yang dibeli kepada penerima gadai.

Sebelumnya, tiga broker, CLSA Indonesia (KZ), PT Semesta Indovest (MG), dan PT Danareksa Sekuritas (OD) melakukan transaksi tutup sendiri (crossing) saham Delta Dunia Makmur di pasar negosiasi sekitar Rp 8,2 triliun.

CLSA melakukan transaksi tutup sendiri senilai Rp 3,59 triliun. Volume transaksi saham mencapai 5,13 juta lot pada harga rata-rata Rp 1.400 per unit.

Selain CLSA, berdasarkan data PT Bursa Efek Indonesia (BEI) yang diperoleh melalui Home Online Trading System (HOTS) PT eTrading Securities di Jakarta, Jumat 6 November 2009, broker lain yang melakukan transaksi tutup sendiri pada saham Delta Dunia adalah PT Semesta Indovest (MG).

Semesta melakukan crossing saham Delta Dunia sebanyak 4,03 juta lot senilai Rp 2,75 triliun pada harga rata-rata Rp 1.366,85 per unit.

Selanjutnya, PT Danareksa Sekuritas (OD) melakukan transaksi serupa sebanyak 2,8 juta lot senilai Rp 1,89 triliun. Harga rata-rata transaksi tutup sendiri itu Rp 1.350,67 per saham.

arinto.wibowo@vivanews.com

TERKAIT
TERPOPULER