Litbang Swasta Terima Pengembalian Pajak

VIVAnews - Departemen Perindustrian mengusulkan pengembalian pajak bagi perusahaan swasta yang melakukan penelitian dan pengembangan (litbang).

"Saya ingin riset teknologi untuk industri dilakukan oleh swasta. Tapi saya usulkan agar mereka mendapatkan pengembalian pajak atas biaya riset," kata Menteri Perindustrian MS Hidayat usai pembukaan Pameran Hasil Litbang Industri di Plaza Depperin Jakarta, Selasa, 17 November 2009.

Untuk itu, Hidayat berjanji akan membicarakannya hal tersebut dengan Menteri Keuangan. "Dengan pengembalian pajak untuk riset akan mendorong swasta mengeluarkan dana riset lebih besar dan lebih baik," ujarnya.

Sedangkan di tataran pemerintah, upaya peningkatan teknologi akan dilakukan dengan optimalisasi balai-balai besar di daerah. "Kita harus pikir seperti korporasi, kalau tidak efisien maka harus diefisienkan," tutur Hidayat.

Sementara itu, Badan Penelitian dan Pengembangan Industri ditunjang oleh 11 Balai Besar dan 11 Balai Riset dan Standarisasi Industri.

Untuk mensosialisasikan hasil litbang sektor industri, Depperin menyelenggarakan Pameran Hasil Litbang Industri 2009 pada tanggal 17 hingga 20 November 2009 di Plaza Depperin Jakarta.

Pameran diikuti oleh 52 peserta yang menempati 48 stand dalam empat kelompok tematik, yakni energi, lingkungan, pangan, dan nano teknologi.

Pada 19 November 2009, akan diadakan Workshop Pengembangan Teknologi Industri berbasis Nanoteknologi yang akan dihadiri oleh 140 orang.

antique.putra@vivanews.com

Serahkan Kesimpulan Sidang Sengketa Pilpres, Anies: Semoga MK Beri Keputusan yang Baik
Duel AC Milan vs AS Roma

Prediksi Liga Europa: AS Roma vs AC Milan

Duel AS Roma vs AC Milan dalam Perempat Final Liga Europa leg kedua di Stadion Olimpico, Jumat 19 April 2024, pukul 02.00 WIB. Berikut prediksinya.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024