Tesco & Walmart Bakal Masuk Indonesia

VIVAnews - Pasar ritel modern nasional akan diramaikan dengan beberapa pemain baru asing. Legitnya kue ritel menarik dua raksasa ritel dunia, Tesco dari Inggris dan Walmart dari Amerika Serikat, mencicipinya.

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Benjamin J Mailool tidak memungkiri tren ritel asing penetrasi ke Indonesia semakin menguat.

"Kita tidak bisa membatasi pemain asing masuk ke sektor ritel kita dan tren ini tidak bisa dihindari," kata Benjamin usai rapat dengar pendapat umum dengan Komisi Perdagangan dan Perindustrian DPR RI, Selasa malam, 17 November 2009.

Walmart dan Tesco, kata Benjamin, telah memasukkan Indonesia sebagai daftar penting negara tujuan investasi selanjutnya. "Ini masalah watu, Indonesia sudah masuk radar untuk ekspansi mereka," ujarnya.

Tiga negara menjadi kue manis ritel dunia, yaitu China, India, dan Indonesia. Masuk ke India, sedikit sulit di regulasi. Sedangkan masuk China, meski secara geografis lahan luar, namun persaingan ritel dunia lain sangat kuat.

Bahkan, beberapa pemain asing yang sudah ada di Indonesia, seperti Carrefour akanĀ  melancarkan ekspansi melalui penambahan outlet-outletnya.

Benjamin memperkirakan Walmart dan Tesco akan masuk ke Indonesia melalui sistem merger. "Kalau langsung bikin baru akan sulit," kata dia.

Selain populasi penduduk yang besar, pasar Indonesia menarik untuk pengembangan bisnis ritel karena melihat pertumbuhan ekonomi yang masih positif, stabilitas politik ekonomi, dan geografis kepulauan Indonesia yang masih berpotensi untuk distribusi barang, terutama kawasan Indonesia timur.

"Tapi di samping itu, mereka membutuhkan kepastian hukum dan regulasi perdagangan. Contohnya, kasus KPPU yang menuai pro dan kontra akan menjadi pertimbangan," kata Benjamin.

antique.putra@vivanews.com

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita
Ria Ricis dan sang putri, Moana.

Ria Ricis Bahas Soal Tidur Bertiga Anak, Netizen: Nifas Masa Iya Mau Pacaran Mulu

Ria Ricis baru-baru ini kembali menjadi sorotan usai membagikan kisahnya sebagai seorang ibu. YouTubers tersebut menceritakan tentang upayanya membeli tiga baby box.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024