Pimpinan DPR Terima Audit Century dari BPK

VIVAnews - BPK menyerahkan hasil audit investigatif Bank Century kepada DPR pada pukul 10.00 pagi ini. Pimpinan BPK akan diterima langsung oleh kelima pimpinan DPR dan pimpinan Komisi XI. Saat ini, sejumlah pimpinan dewan seperti Marzuki Alie, Priyo Budi Santoso dan Pramono Anung, sedang menerima pimpinan BPK di Gedung DPR RI.

"Hasil audit tersebut rencananya akan didiskusikan panjang lebar dengan pimpinan BPK," ujar Priyo. Ia menyatakan, DPR akan meminta penjelasan lebih lanjut kepada BPK, apakah hasil audit yang diserahkan hari ini sudah berupa final audit atau masih bersifat progress report.

Priyo mengatakan bahwa berdasarkan mekanisme, laporan audit dari BPK akan segera dipelajari oleh DPR, dan dalam waktu yang tak terlalu lama akan didiskusikan di level pimpinan fraksi. Priyo menegaskan, hasil audit akan dibuka sesuai dengan kehendak Presiden. "Tidak ada pilihan lain, harus dibuka," tandasnya.

Usul hak angket Century yang digelontorkan oleh sejumlah anggota DPR pun, menurut Priyo, akan bergantung pada hasil audit BPK ini. "Kalau dari hasil audit disinyalir ada indikasi tindak pidana, maka kami akan lakukan langkah-langkah yang sesuai. Tapi kalau hasil audit clear, maka mohon maaf, harus tutup buku," kata Priyo.

Sejumlah inisiator angket Century pun tampak mengiringi penyerahan audit BPK. Tampak hadir antara lain Maruarar Sirait dari Fraksi PDIP, Andi Ramhat dari Fraksi PKS, Akbar Faisal darI Fraksi Hanura, dan Ahmad Muzani dari Fraksi Gerindra. Mereka menuntut agar hasil audit tersebut segera dapat dibuka ke publik paling tidak pukul 12.00 siang ini.

"Pengusul angket akan mengiringi penyerahan audit, karena adanya kekhawatiran audit ini tidak langsung dipublikasikan," ujar Andi Rahmat. Ia menegaskan, jangan sampai dokumen audit ini terlambat diketahui oleh masyarakat. Maruarar juga mengkhawatirkan kualitas dari hasil audit BPK tersebut. Oleh karena itu, inisiator angket berniat untuk terus mengawal proses yang berjalan.

Medco Energi Resmi Divestasi Seluruh Sahamnya di Ophir Vietnam Block 12W B.V
Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong

Pengakuan Erick Thohir dan PSSI soal Kinerja Shin Tae-yong

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir mengatakan pihaknya puas dengan kinerja Shin Tae-yong selama melatih Timnas Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024