Bangun Tol Kanci, Bakrie Rekrut Tenaga Lokal

VIVAnews - PT Bakrie Toll Road mengaku merekrut tenaga kerja lokal yang berasal dari sekitar Cirebon dan Brebes dalam penyelesaian tol Kanci - Pejagan sepanjang 35 kilometer yang mendekati pengoperasi pada akhir 2009.

"Kami memanfaatkan 100 persen tenaga kerja dari wilayah yang dilewati jalan tol, melalui sistem kemitraan dan perekrutan tenaga lokal," kata Direktur Utama Bakrie Toll Road Harya M Hidaya melalui siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Senin, 23 November 2009.

Menurut Harya, awal proses perekrutan dilaksanakan perusahan secara umum di kantor pusat maupun daerah, tetapi ternyata yang lolos 100 persen berasal dari penduduk lokal sekitar tol. "Itu menunjukkan, mereka memiliki kompetensi (kemampuan) tidak kalah dengan orang-orang pusat," ujarnya.

Dia mengaku, dari 115 orang tenaga kerja yang direkrut, hanya satu orang Kepala Cabang, tiga orang Kepala Departemen, serta empat sampai lima orang Kepala Shift yang berasal dari pusat, sedangkan sisanya berasal dari lokal.

Namun, Harya menuturkan, untuk bidang tertentu seperti paramedis, pihaknya merekrut melalui kemitraan dengan pihak rumah sakit, serta untuk beberapa bidang lainnya dengan menjalin kerja sama dengan koperasi.

Kemudian untuk keamanan dan Patroli Jalan Raya (PJR), kerja sama dilaksanakan dengan Kepolisian setempat. "Nantinya, mereka akan menugaskan personilnya untuk ditempatkan di tol Kanci - Pejagan," ujar Harya.

Sementara itu, tenaga kerja yang direkrut dari penduduk lokal akan ditempatkan pada unit patroli, rescue, mobil derek, pengumpul tol, serta unit terkait operasi di lapangan lainnya. "Namun, sebelumnya akan dilaksanakan pelatihan terlebih dulu selama dua minggu," tuturnya.

Menurut Harya, sebagian besar tenaga kerja yang berasal dari wilayah setempat Brebes dan Cirebon, ternyata memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan tenaga kerja dari pusat.

Dia menambahkan, kehadiran tenaga kerja dari lokal itu menunjukkan pembangunan jalan tol memang memberikan kontribusi bagi pertumbuhan ekonomi wilayah dan memberi dampak lanjutan (multiplier effect) dengan menciptakan lapangan pekerjaan.

Harya mengakui, tenaga kerja yang direkrut memiliki antusias tinggi, sehingga diharapkan saat tol Kanci - Pejagan beroperasi Desember 2009, mereka sudah siap dalam memberikan pelayanan.

Dia juga mengatakan, tidak ada perbedaan dalam sistem perekrutan di pusat maupun daerah. "Kami lihat dari segi etos kerja, bahkan juga menjalani psikotest dengan bobot sama ternyata sumber daya di daerah juga bagus," ujarnya.

antique.putra@vivanews.com

Menginspirasi Generasi Baru, Fashion Crafty Jakarta Hadirkan Kolaborasi Fashion Photos Project 5
Lemon dan madu

5 Minuman Alami Bantu Atasi Radang Tenggorokan Selama Puasa

Radang tenggorokan saat berpuasa bisa menjadi hal yang menyebalkan. Rasa gatal, perih dan kering di tenggorokan dapat mengganggu ibadah dan aktivitas sehari-hari.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024