Pasokan Gas PGN Turun, Biaya PLN Naik

VIVAnews - Pasokan gas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Muara Tawar dari PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) menurun, sehingga menyebabkan biaya produksi PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) membengkak.

"Untuk PLTGU Muara Tawar, PLN mendapat pasokan gas dari PGN. Namun, selama sebulan terakhir ini memang terjadi penurunan jumlah pasokan dari rata-rata 230 mmscfd menjadi 180," ujar DirekturOperasional Pembangkitan PLN Murtaqi Syamsuddin melalui pesan singkatnya di Jakarta, Kamis, 26 November 2009.

Menurut dia, guna mengatasi penurunan pasokan gas tersebut perseroan terpaksa menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM) yang berdampak pada kenaikan biaya produksi.

Sementara itu, dari data PGN, PLTGU Muara Tawar PGN menyalurkan gas sejak September 2008 dengan volume 1802-200 BBTUD sampai dengan 31 Maret 2011 dan sesuai kontrak akan menjadi 45,5-50 BBTUD mulai 1 April 2011 sampai dengan 31 Maret 2013.

Selain dengan penyaluran gas dengan firm basis, terdapat juga penyaluran gas yang bersifat interruptible basis sampai dengan 100 BBTUD di atas penyaluran maksimum firm basis (jika tidak tersedia gas yang tidak digunakan pelanggan PGN lainnya).

antique.putra@vivanews.com

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024