Pemda Dukung Bangun Pembangkit Listrik

VIVAnews - Pemerintah di luar program 10 ribu megawatt sudah menyatakan ada tambahan sumber pembangkit baru yang sepenuhnya di bawah dukungan pemerintah daerah.

Menteri Koordinator Perekonomian, Hatta Rajasa mengatakan contoh pembangkit ini misalnya di Riau sebesar 2 x 100 MW dan Kalimantan Timur sebesar 2 x 100 MW.
 
"Pemerintah daerah sudah sepakat dan pembiayaanya itu ada bersama BPD (Bank Pembangunan Daerah) setempat," kata Hatta di Hotel Ritz Carlton, Selasa 1 Desember 2009.
 
Tambahan ini diharapkan bisa menyelesaikan shortage (kekurangan) listrik yang selama ini terjadi. "Kami ingin mengejar ketertinggalan rasio elektrifikasi yang hanya 50 persenan, kami sudah undang para gubernur untuk bicara ini, kami harapkan kalau bisa diselesaikan dalam 8 bulan ke depan," kata Hatta.
 
Menurut Hatta, persoalan listrik ini menjadi perhatian karena menyangkut masalah investasi. Setidaknya kebutuhan listrik Indonesia mencapai 3000 megawatt per tahun untuk mencukupi konsumsi dalam negeri yang terus meningkat.
 
Investasi ini, katanya, tidak akan mungkin bisa dicukupi kalau itu hanya mengandalkan pemerintah pusat melalui APBN. Untuk itulah, terobosan-terobosan investasi baru dilakukan pada periode awal pemerintahan 2009-2014.

Tekuk Korea Selatan, Rafael Struick: Ayo Kita ke Paris dan Ciptakan Sejarah Lagi!
Pemandangan Gunung Kembang, Wonosobo, Jawa Tengah.

Nyamannya Naik Gunung Terbersih di Indonesia

Menghirup udara segar plus menikmati indahnya alam pengunungan, kebersihan menjadi salah satu faktor terpenting. Dan paket lengkap itu bisa ditemukan di Gunung Kembang.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024