Mandiri Danai Sektor Kelapa Sawit Rp 35 T


VIVAnews
- PT Bank Mandiri Tbk memberikan fasilitas pembiayaan hingga Rp 35 triliun sampai akhir Oktober 2009 guna mendorong pengembangan perkebunan kelapa sawit Nasional dan industri turunannya.

Angka ini tumbuh 16% dibandingkan periode yang sama tahun 2008 dan mencapai 75% dari total portfolio pembiayaan sektor perkebunan di Bank Mandiri.
 
Direktur Corporate Banking Bank Mandiri Riswinandi mengatakan pembiayaan sektor kelapa sawit Bank Mandiri terus meningkat sehingga portofolio per Oktober 2009 mencapai Rp 35 triliun dengan tingkat NPL yang rendah yaitu di bawah 1%.
 
“Bisnis CPO memang mengalami tantangan yang sangat berat, apalagi industri tersebut masih mengandalkan pasar ekspor yang banyak hambatannya terutama di Uni Eropa yang menerapkan berbagai standar lingkungan," katanya dalam siaran pers yang diterima VIVAnews di Jakarta, Rabu, 2 Desember 2009.

Namun, dia berkeyakinan prospek perkembangan industri kelapa sawit Indonesia akan tetap tumbuh dengan baik karena Mandiri telah mengenali karakteristik bisnis ini dalam waktu yang cukup lama.
 
Ketua Umum GAPKI (Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia) Joefly J. Bahroeny mengatakan langkah Bank Mandiri terhadap sektor ini sangat dibutuhkan terutama di saat muncul keraguan di pihak stakeholders, bank-bank, lembaga pembiayaan beserta regulator yang memunculkan persepsi bahwa sektor ini tidak lagi prospektif.
 
Model pembiayaan industri kelapa sawit yang dipakai Mandiri menjadi faktor pendukung tumbuhnya portfolio dengan angka NPL yang rendah. Business model pembiayaan ini didukung oleh kajian rutin mengenai industri kelapa sawit baik melalui riset internal maupun dengan pihak eksternal yang kompeten, mencakup semua aspek baik mikro maupun makro sehingga selalu diperoleh informasi yang up-to-date.

Selain itu, Mandiri menyiapkan struktur pembiayaan yang sesuai dengan karakteristik kebutuhan pembiayaan kelapa sawit sehingga saat ini Bank Mandiri layak menjadi pilihan utama untuk pembiayaan kelapa sawit.  
 
Kelapa sawit memiliki keunggulan dibandingkan komoditi minyak nabati sejenis seperti soyabean, rapeseed, dan minyak canola terutama hasil produksi dalam satu tahun pada setiap hektar lahan. Selain itu, kegunaan minyak sawit yang bukan hanya sebagai bahan pangan namun juga bahan bakar menjadikannya faktor pertimbangan bahwa demand akan terus tumbuh ke depan.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf
Enam tersangka yang terjerat dugaan kasus narkoba di Jaksel

Selebgram Chandrika Chika Terjerat Kasus Narkoba Karena Isap Rokok Elektrik Rasa Ganja

Dari keenam orang yang jadi tersangka diantaranya adalah selebgram yakni Chandrika Chika.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024