Jakarta Siap-siap Padam Lagi

VIVAnews - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) akan melakukan perawatan rutin satu trafo berkapasitas 500 Mega Volt Ampere yang beroperasi di Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi Kembangan, Jakarta Barat, pada pekan ini. Perawatan rutin ini berpotensi menambah defisit listrik hingga 200 Megawatt.

"Kami mengupayakan tidak terjadi pemadaman listrik," kata Direktur Utama PLN Fahmi Mochtar di Jakarta, Senin 7 Desember 2009.

Menurut Fahmi, antisipasi yang dilakukan agar tidak terjadi pemadaman antara lain memindahkan trafo dari Mandirancan, Kuningan, Jawa Barat, ke Balaraja, Tangerang, Banten.

Dia menjelaskan, saat ini trafo Mandirancan tengah dalam perjalanan dari Tanjung Priok ke Balaraja. Rencananya, trafo yang berkapasitas sama itu mulai beroperasi 16 Desember 2009. "Pemadaman akan terjadi jika relokasi trafo Mandirancan belum selesai," katanya.

Manager Area Pengatur Beban PLN Distribusi Jakarta Raya dan Tangerang M Ikhsan Asad menambahkan, perusahaan akan berupaya mengundurkan jadwal pemeliharaan trafo Kembangan hingga selesainya pemindahan trafo.

Dari dua trafo yang ada saat ini, dengan kapasitas masing-masing berkapasitas 500 MVA di GITET Kembangan, hanya satu yang beroperasi. "Satu trafo lainnya mengalami kerusakan," kata Ikhsan.

Ikhsan menjelaskan, perawatan satu satu trafo yang masih beroperasi ini sudah harus dilakukan agar tidak terjadi kerusakan seperti pada trafo Cawang.

Ikhsan mengatakan, pemindahan trafo Mandirancan, dilakukan dengan pertimbangan, selain bertipe sama dengan Balaraja, beban di wilayah Kuningan tidak terlalu besar. Sedangkan Jakarta sudah mendesak dilakukan penambahan trafo.

Trafo Mandirancan akan menambah satu trafo di GITET Balaraja. Trafo ini juga akan memperkuat jaringan Kembangan. "Dengan tambahan dari Mandiracan, ada dua trafo di Balaraja yang siap mem-back up Kembangan," kata dia.

hadi.suprapto@vivanews.com

4 Pelaku Terorisme Moskow Ternyata di Bawah Pengaruh Obat-Obatan Terlarang
Gedung Kemenkopolhukam

Kemenko Polhukam Susun Rencana Bangun Sistem Pertahanan Semesta di IKN

Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan menggodok rencana membangun sistem pertahanan semesta di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024