BISNIS

Mandiri, Bank Penyalur Kredit Tol Terbesar

Perseroan mengantongi total pembiayaan pembangunan proyek jalan tol untuk sembilan ruas.
Jum'at, 11 Desember 2009
Oleh : Antique, Syahid Latif
Bank Mandiri Kota

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk menjadi bank pemerintah yang memberikan plafon pinjaman proyek jalan tol terbesar dibandingkan dua bank pelat merah lain.

Bank Mandiri saat ini mengaku, telah mengantongi total pembiayaan pembangunan proyek jalan tol untuk sembilan ruas dengan plafon kredit hingga lebih dari Rp 8 triliun.

"Beberapa ruas jalan tol sudah mulai merealisasikan pinjaman tersebut," ujar SVP Syndicated and Structured Finance Bank Mandiri Alexandra Wiyoso dalam keterangan pers Penandatanganan Perjanjian Kredit Sindikasi Jalan Tol Ruas Semarang-Solo di Kantor Pusat BAnk Negara Indonesia (BNI) Jakarta, Jumat, 11 Desember 2009.

Menurut Alexandra, ruas tol yang dibiayai oleh Mandiri terbagi atas ruas tol trans Jawa sebanyak lima ruas dan nontrans Jawa empat ruas.

Berada di bawah Bank Mandiri adalah PT Bank Negara Indonesia Tbk yang mengaku membiayai sembilan ruas jalan tol dengan nilai plafon kredit mencapai Rp 7,6 triliun.

"Realisasinya relatif kecil, dari Rp 7,6 triliun baru terealisasi Rp 550 miliar," kata Deputy General Manager Corporate Banking BNI Rosa Delima Dwi M.

Sementara itu, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk dalam siaran persnya mengungkapkan total plafon pembiayaan jalan tol yang sudah disediakan untuk delapan proyek jalan tol mencapai Rp 4,6 triliun.

Pembiayaan kepada delapan ruas jalan tol antara lain Depok-Antasari, Bekasi-Cawang-Kp Melayu, Cikampek-Palimanan, Surabaya-Mojokerto, Kanci-Pejagan, Ciawi-Sukabumi, Bogor Ring Road, dan Semarang-Solo.

BRI juga memberikan komitmen pembiayaan jalan tol untuk ruas Gempol-Pasuruan, Kunciran-Cengkareng, Serpong-Kunciran dengan total komitmen Rp 1,1 triliun.

antique.putra@vivanews.com

TERKAIT
    Error

    An Error Was Encountered

    The configuration file ../../shared/config/ads/Array.php does not exist.