Mimpi Direktorat Pajak Masa Depan

VIVAnews - Bagaimana Direktorat Jenderal Pajak masa depan? Wacana ini belum tergambar jelas atau masih mimpi. Tapi meski masih dalam angan-angan dan konsep, membentuk Direktorat Jenderal Pajak yang terintegrasi, transparan dan jujur adalah cita-cita yang sekarang sedang dikerjakan.

Direktur Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Djoko Slamet Surjoputro mengatakan Ditjen Pajak berkeinginan membentuk wajib pajak yang taat secara pribadi. Pasalnya seperti disebut dalam Undang-Undang Dasar 1945 bahwa kewajiban warga negara Indonesia ada dua yakni membela negara dan membangun negara melalui pembayaran pajak.

Untuk itu membuat wajib pajak yang sadar untuk membayar pajak adalah sesuatu yang sulit. Tapi bukan tidak mungkin karena cita-cita ini sedang dibentuk melalui penerapan reformasi birokrasi.

Menurut Djoko, wajib pajak ke depan adalah wajib pajak yang bisa memantau rekeningnya sendiri. "Kami bercita-cita bagaimana account wajib pajak itu bisa dipantau oleh wajib pajaknya sendiri. Jadi nanti bagaimana apakah wajib pajak itu kurang bayar atau lebih bayar bisa diketahui segera," kata Djoko dalam seminar Perpajakan di Hotel Borobudur, Rabu 16 Desember 2009.

Menurut Djoko, perpajakan nantinya juga akan semakin bebas mengakses data-data wajib pajak secara keseluruhan, misalnya bagaimana data rekening di perbankan juga secara otomatis masuk ke Pajak. Hal ini penting untuk mengetahui bagaimana seorang wajib pajak itu bisa memenuhi kewajibannya sebagai warga negara. "Jadi nanti tidak ada rahasia lagi," kata dia.

Kewajiban membayar pajak ini perlu disadari sebagaimana diketahui bahwa hampir seluruh kegiatan penyelenggaraan negara dipenuhi dengan menggunakan dana pajak. Termasuk lampu lalu lintas di perempatan, misalnya, itu juga menjadi tanggungan wajib pajak. "Kalau di China, barang publik itu dalam demonstrasi tidak boleh dirusak, karena itu ditanggung oleh pajak," katanya.

Hakim Geram ke Saksi di Sidang Korupsi Tol MBZ: Proyek Triliunan Gini kok Main-main
Liverpool vs Everton

5 Fakta Menarik Jelang Duel Everton vs Liverpool di Premier League

Liverpool akan menyambangi markas Everton dalam lanjutan Premier League di Stadion Goodison Park pada Kamis dini hari nanti, 25 April 2024, pukul 02.00 WIB.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024