31 Gubernur dan 41 Bupati Dukung Transmigrasi

VIVAnews - Sebanyak 31 Gubernur dan 41 Bupati sepakat mendukung pelaksanaan program transmigrasi di daerah masing-masing, melalui mekanisme Kerjasama Antar Daerah (KSAD).

Komitmen tersebut mengemuka saat Temu Nasional Transmigrasi 2009 di Hotel Kartika Candra, Jakarta, Rabu, 16 Desember 2009.

Dukungan tersebut ditandai dengan dilakukan penandatanganan 71 Naskah Kesepakatan Bersama antara pemerintah provinsi asal transmigrasi, yakni NTT, NTB, Bali. Jatim, DIY, Jateng, Jabar, Banten dan Lampung, dengan   pemerintah provinsi daerah penempatan transmigrasi, yakni Sumatera Utara, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Sumsel, Riau Kalbar, Kalteng, Kalsel, Kaltim, Sulteng Gorontalo, Sulsel, Sultra, Sulbar, Maluku dan Maluku utara. 

Oso Beberkan Strategi Partai Hanura Hadapi Pilkada 2024

Sebanyak 71 Naskah Kesepakatan tersebut terdiri atas 62 naskah perpanjangan dan sembilan naskah baru.

Dengan ditandatangani 71 naskah ini, hingga saat ini telah ada 188 naskah KSAD antargubernur yang sepakat untuk melakukan peningkatan pembangunan transmigrasi di daerahnya masing-masing.

Dalam acara Temu Nasional Transmigrasi juga ditandatangani enam Pakta Integritas antara Investor dan Bupati. Dengan demikian, jumlah pakta integritas yang telah ditandatangani telah ada sebanyak 29 buah.

"Temu Nasional Transmigrasi merupakan salah satu media penting untuk menjalin komunikasi bagi seluruh stakeholder, seperti, Akedemisi, Pelaku Usaha, Pimpinan Lembaga Pemerintah Pusat dan Daerah, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, untuk saling menyampaikan informasi untuk membangun komitmen bersama dalam pelaksanaan pembangunan transmigrasi," kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar di sela-sela Temu Nasional Transmigrasi 2009.

Departemen Tenaga Kerja dan Transmigrasi, lima tahun mendatang akan membangun dan mengembangkan 219 kawasan transmigrasi. Muhaimin berharap, Gubernur dan Bupati dapat menyediakan lahan dan memetakan potensi komoditas unggulan serta investasi yang akan dibutuhkan.

"Untuk periode 2008-2011, telah dan akan dikembangkan komoditas unggulan seperti kelapa sawit, karet, dan coklat di 44 kawasan transmigrasi Kota terpadu mandiri (KTM) yang akan menyerap investasi sebesar Rp 12 triliun dengan luasan kebun sekitar 400 ribu hektare," ujar Muhaimin.

Beberapa menteri Kabinet Indonesia Bersatu II juga turut hadir dalam Temu Nasional Transmigrasi 2009, di antaranya, Menteri Koordinator Perekonomian, Menteri Pekerjaan Umum, Kepala BPN, dan Wakil Menteri  Pertanian.

antique.putra@vivanews.com

Irish Bella

Pertama Kali Sejak Menjanda, Irish Bella Gak Kesepian Rayakan Ulang Tahun Tanpa Ammar Zoni

Irish Bella kemudian membawa kue ulang tahun dengan lilin angka 18. Sebelum meniup lilin itu, datang sang kakak, Sean Ivan De Beule.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024