BI: Cadangan Devisa Bisa Tembus US$100 Miliar

VIVAnews - Bank Indonesia memproyeksikan Indonesia bisa mencapai angka cadangan devisa US$100 miliar. Namun, cadangan devisa sebesar itu diperkirakan belum akan tercapai pada tahun ini atau tahun depan (2011).

Pjs Gubernur Bank Indonesia Darmin Nasution menuturkan, cadangan devisa Indonesia sudah selayaknya besar. Sebab, dengan besarnya cadangan akan memberikan kemampuan yang lebih besar bagi Indonesia untuk mengintervensi kalau ada perkembangan di luar yang diinginkan pemerintah.

"Tapi menambah cadangan devisa juga tidak murah, karena artinya BI harus membeli valuta asing. Kami tidak boleh membiarkannya hanya sekedar ada di pasar. Artinya, harus ada biaya yang dipikul," kata Darmin di Bank Indonesia, Rabu, 6 Januari 2010.

Namun demikian, Darmin mengatakan posisi cadangan devisa Indonesia pada 2009 sudah meningkat lebih besar dibanding tahun-tahun sebelumnya. Peningkatan ini sekitar US$12 miliar, posisi per akhir Desember 2009 sebesar US$66,1 miliar. Sedangkan, akhir tahun ini diperkirakan naik US$10 miliar menjadi US$76 miliar.

"Tahun ini meningkat, tapi lebih kecil karena biasanya dengan meningkatnya pertumbuhan ekonomi, pertumbuhan impor selalu lebih cepat," katanya.

antique.putra@vivanews.com

Wajah Sering Kena Matahari Jangan Abaikan Penggunaan Moisturizer
Peristiwa serangan teroris di Gedung Teater dekat Moskow, Rusia

Death Toll Rises to 140 in Moscow Terrorism Attack

The Russian Health Ministry said the death toll from last week's attack on a Moscow concert hall rose to 140 on Wednesday, after another victim died in hospital.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024