Serikat Pekerja: Rombak Direksi Pertamina

VIVAnews - Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) mendesak pemerintah segera merombak jajaran direksi perusahaan. Namun, posisi Direktur Utama Pertamina Karena Agustiawan diminta dipertahankan.

"Dirut saat ini baru menjabat sembilan bulan, berikan kesempatan padanya," ujar Presiden FSPPB Ugan Gandar usai menemui Deputi Pertambangan, Industri Strategis, Energi, dan Telekomunikasi Sahala Lumban Gaol di kantor Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis, 14 Januari 2010.

Menurut Ugan, saat ini, jajaran direksi Pertamina yang dipimpin Karen sudah tidak solid dan masih terdapat budaya senioritas. Hal tersebut menyebabkan kinerja perseroan belum bisa optimal.

Ugan menuturkan, pihaknya berjanji tidak akan mencalonkan nama untuk jajaran direksi baru. Selain itu, pihaknya juga tidak mempermasalahkan asal calon direksi dari inetrenal maupun eksteral perusahaan.

"Kami mendukung perombakan direksi secepatnya dengan syarat suara pekerja dijadikan other opinion (pendapat tambahan)," katanya.

Namun, untuk sejumlah posisi yang dianggap bersifat teknis, FSPPB mengharapkan agar direksi yang mengisi posisi tersebut betul-betul memahami masalah teknis dan berasal dari internal perusahaan.

Ditambahkanya, FSPPB mencium adanya gelagat bahwa calon-calon direksi yang diusulkan saat ini merupakan titipan dari DPR maupun pemain yang bermitra dengan Pertamina. Untuk itu, pihaknya meminta agar presiden memilih calon terbaik yang memang berniat memajukan perusahaan.

FSPPB menyadari bahwa pihaknya tidak bisa ikut menyampuri masalah penunjukan direksi Pertamina karena sepenuhnya berada di tangan pemegang saham. Namun, jika jajaran direksi terpilih dianggap kurang baik, pihaknya siap melakukan aksi mulai dari mosi tidak percaya, demo, hingga mogok kerja.

"Bayangkan kalau kapal tanker milik Pertamina mogok kerja 1-2 jam, itu akan merugikan perusahaan," katanya.

antique.putra@vivanews.com

Tim Saber Pungli Depok Beraksi, Amankan 4 Orang dari Terminal Depok
CIti.

CIti Gandeng Occam Genjot Kinerja Komunikasi

Occam menawarkan kemampuan dan fleksibilitas yang diperlukan untuk memastikan eksekusi program CIti yang efektif dan efisien.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024