Jamsostek Akuisisi 30% Saham BNI Syariah

VIVAnews - PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNII) divisi syariah menjadi calon kuat target akuisisi dari PT Jamsostek (Persero). Selain BNI, opsi akuisisi lain adalah PT Bank Bukopin Syariah. Akuisisi tersebut diharapkan terlaksana pada semester II-2010.

Direktur Utama Jamsostek Hotbonar Sinaga mengatakan, akuisisi akan dilakukan melalui perusahaan patungan (join venture) Jamsostek Investment Company (JIC). Perusahaan meminati kepemilikan sebesar 20-30 persen pada BNI Syariah.

"Sedangkan, kami berharap bisa menjadi pemegang saham mayoritas di Bukopin," ujarnya saat ditemui di gedung Badan Pengawas Pasar Modal Lembaga Keuangan (Bapepam LK), Jakarta, Jumat 15 Januari 2010.

Pada BNI Syariah, dia menuturkan, pihaknya memiliki tiga opsi penyertaan. Perusahaan berpotensi menjadi pemegang saham melalui JIC. Selain itu, Jamsostek bisa masuk sendiri dan menggandeng ADB.

"Opsi lainnya adalah bergabung ke BNI Syariah, menyusul anak usaha ADB, ICD yang telah menjadi calon mitra strategis BNI," ujar Hotbonar.

Seperti diketahui, ICD memang sudah menjadi calon mitra strategis BNI dalam rencana spin off unit divisi syariah. "Ada kemungkinan, nanti yang masuk adalah JIC, bukan ADB," tutur dia.

Sementara itu, Hotbonar menuturkan, pihaknya berniat menjadi pemegang saham mayoritas jika memilih akuisisi Bukopin Syariah. Perusahaan mengincar kepemilikan lebih dari 50 persen. Kini, perseroan telah memiliki sembilan persen saham pada bank tersebut.

Meski demikian, dia mengaku, Bukopin lebih berpotensi untuk diakuisisi ketimbang BNI. Pasalnya, perusahaan sudah memiliki penyertaan saham. "Pada Bukopin, soalnya kami punya sembilan persen saham," kata Hotbonar saat ditanya mengenai potensial akuisisi.

Dia menuturkan, pihaknya tengah memproses rencana tersebut kepada Kementerian Negara BUMN. Secepatnya, Jamsostek berniat presentasi mengenai pembentukan JV dengan institusi asal Timur Tengah tersebut.

antique.putra@vivanews.com

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP
Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024