Subdebt Mandiri US$ 300 Juta Masuk RKAP 2010

VIVAnews - PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) memastikan rencana penerbitan obligasi subordinasi (subdebt) senilai US$ 200-300 juta sudah tercatat dalam rencana kerja dan anggaran perusahaan (RKAP) 2010.

Mandiri mengharapkan subdebt tersebut bisa diterbitkan dengan tenor di atas tujuh tahun.

Sebagai catatan, RKAP adalah rencana kerja perusahaan BUMN yang telah dilaporkan dan harus memperoleh persetujuan dari pemerintah.

"Rencana subdebt ada dalam RKAP 2010," kata Direktur Utama Bank Mandiri Agus Martowardojo di sela penyerahan penghargaan Wirausaha Mandiri di gedung Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta, Jumat 22 Januari 2010.

Menurut Agus, kendati sudah masuk dalam RKAP, Bank Mandiri belum memasukkan waktu dan konsultan yang akan ditunjuk dalam penerbitan subdebt tersebut. Subdebt tersebut direncanakan untuk dikeluarkan dengan tenor di atas tujuh tahun sesuai karakteristik dari produk investasi tersebut.

Perusahaan berharap dapat memperoleh pendanaan subdebt tersebut dari pasar internasional jika keadaan memungkinkan.

Peluang tersebut terbuka bila tingkat bunga tepat dan investor asing berminat menanamkan dananya dengan mengambil risiko di Indonesia. "Sekarang ini timing masih kami lihat dan waspadai," kata dia.

Agus menambahkan, Bank Mandiri hingga kini belum menunjuk penjamin pelaksana emisi (underwriter) untuk penerbitan subdebt tersebut.

Persib vs Bhayangkara FC Imbang, Begini Komentar Bojan Hodak

Namun dengan harapan masuk pasar internasional, Mandiri mensyaratkan underwriter yang berminat harus memahami pasar internasional, memiliki track record bagus, percaya diri, dan memiliki keahlian.

"Jadi, kalau mengincar pasar internasional, kami mencari underwriter seperti itu," ujarnya.

Hingga akhir tahun ini, Mandiri menargetkan tingkat rasio kecukupan modal (capital adequacy ratio/CAR) dijaga pada level 12-15 persen.

Setelah memperoleh dana segar sebesar Rp 3,5 triliun dari pasar dalam negeri, saat ini posisi CAR Mandiri mencapai 15,5 persen.

arinto.wibowo@vivanews.com

Ilustrasi diabetes/cek gula darah.

5 Makanan yang Bisa Menurunkan Kadar Gula Darah untuk Penderita Diabetes

Diabetes adalah kondisi yang memerlukan perhatian khusus terhadap pola makan. Kadar gula darah yang tinggi dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan jangka panjang.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024