Forum Ekonomi Dunia

Para Eksekutif Dilarang Pakai Limusin

VIVAnews - Ada permintaan unik bagi para tokoh politik dan pebisnis terkemuka mancanegara yang akan hadir dalam pertemuan elit tahunan Forum Ekonomi Dunia (WEF) di Davos, Swiss, sepanjang pekan ini. Mereka diminta tidak menggunakan mobil mewah limusin.

Demi mensukseskan kesepakatan mengenai perubahan iklim yang dihasilkan di Kopenhagen, Denmark, tahun lalu, penyelenggara WEF tahun ini melarang penggunaan mobil boros berbahan bakar seperti limusin, yang biasanya memenuhi jalanan di sekitar tempat penyelenggaraan WEF di kaki Pegunungan Alpen itu.

Seperti dikutip dari laman harian Sydney Morning Herald, Selasa 26 Januari 2010, tamu-tamu super penting (VIP) seperti kepala negara bisa meminta pengecualian atas larangan berlimusin. Larangan hanya diberlakukan bagi mobil yang menghasilkan lebih dari 230 gram karbon dioksida per kilometer dan mengonsumsi lebih dari sembilan liter bahan bakar per 100 kilometer.

Namun, kalangan aktivis lingkungan menyebut larangan tersebut hanya basa-basi. Inisiatif baru ini juga dianggap tidak akan menjangkau berton-ton emisi buangan pesawat yang membawa politisi, bankir, dan akademisi dari berbagai negara di penjuru dunia, termasuk helikopter penghubung dari bandar udara di Zurich ke resor di wilayah tenggara Pegunungan Alpen, tempat berlangsungnya WEF. 

Hanya sedikit partisipan yang akan sudah pasti akan menggunakan jalur transportasi lain ke Davos, seperti jalur kereta. "Dari hal tersebut kita bisa melihat maksud dari WEF. Peraturan itu benar-benar diadakan hanya untuk memberikan citra baik," kata aktivis pecinta lingkungan Greenpeace Swiss, Bruno Heinzer.
Mereka meminta penyelenggara forum Davos untuk meninggalkan aturan-aturan simbolis dan membuat pemimpin politik dan korporat untuk bekerja sama menjalankan kesepakatan perubahan iklim.

Bob Bailet, penasehat kebijakan Oxfam Internasional mengatakan, larangan pemakaian mobil mungkin hanya akan menjadi nilai yang dilupakan. Porsche Cayennes, Lexus RXs atau mobil berbahan bakar bensin BMW X5s akan dicekal di bawah larangan baru tersebut. Sedangkan kebanyakan mobil bermesin diesel seperti seri BMW 5 atau Audi A6 atau Mercedes E-class akan melenggang mulus.

WEF akan berlangsung selama 27-31 Januari 2010 dengan dihadiri sekitar 2.500 eksekutif top perusahaan terkemuka dan politisi. Lebih dari 55 negara akan mengirim pejabat tinggi mereka. Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy, akan memberikan sambutan pada hari pertama pertemuan.

Hasil Liga Champions: Comeback PSG dan Borussia Dortmund, Barcelona dan Atletico Madrid Nangis Darah
Zara, anak Ridwan Kamil.

Setelah Lepas Hijab, Putri Ridwan Kamil Tegaskan Tak akan Kenakan Pakaian Terbuka

Meskipun masih ada yang mengkritiknya, banyak juga yang merasa lega karena putri Ridwan Kamil dan Atalia Praratya ini tidak memiliki niat untuk berpenampilan terbuka.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024