AdMedika Lengkapi Akuisisi Telkom

VIVAnews - Akuisisi Telkom Group terhadap perusahaan yang bergerak di bidang electronic healthcare network, AdMedika, membuat Telkom Group menguasai pangsa pasar di industri business process outsourcing (BPO).  

"Saat ini, industri BPO E-Health di Indonesia diperkirakan mempunyai 10 juta anggota, di mana AdMedika mempunyai market share sebesar 12 persen atau 1,2 juta anggota," kata Alex J Sinaga Dirut Multimedia Nusantara (Metra), anak perusahaan Telkom yang mengakuisisi 75 persen saham AdMedika.

No Indonesian Victims in the Baltimore Bridge Collapse Incident

Selain memiliki 1,2 juta pelanggan, Metra juga memiliki jejaring beranggotakan 26 perusahaan asuransi, dan 717 rumah sakit, klinik, puskesmas dan lain-lain.

Menurut Alex akuisisi AdMedika bisa dipandang sebagai wujud nyata dukungan Telkom mendorong pengembangan bisnis BPO layanan kesehatan (E-Health) di Indonesia.

AdMedika sendiri merupakan pionir dalam menerapkan online claim processing system, dan menjadi Third Party Administrator (TPA) yang menjembatani kepentingan anggota, asuransi, dan jasa kesehatan.

"Dengan dukungan Telkom Group, AdMedika diharapkan dapat mempercepat ekspansi bisnisnya sehingga mampu memberikan nilai yang signifikan dalam lima tahun ke depan," ujar VP Public and Marketing Communication Telkom Eddy Kurnia.

Untuk pengembangan portofolio bisnis Telekomunikasi, Informasi, Media, dan Edutainment (TIME), Telkom Group memang mendorong Metra menjadi perusahaan multimedia terdepan.

Akuisisi AdMedika merupakan salah satu rangkaian akuisisi yang dilakukan Metra, setelah sebelumnya pada tahun 2008 mengakuisisi 80 persen saham PT Sigma Cipta Caraka, sebuah perusahaan IT terkemuka di Indonesia.

Tahun 2009, Metra juga telah mengakuisisi 49 persen saham Infomedia milik Elnusa, dalam rangka pengendalian penuh Infomedia oleh Telkom Group. Sehingga, pengembangan bisnis Infomedia di bisnis Call Center & Directory Services dan Business Process Outsourcing (BPO) dapat lebih maksimal.

Tak hanya itu, Metra juga telah membentuk anak usaha PT Metranet yang fokus dalam pengembangan portal bisnis dengan nama brand Mojopia.

Berbagai akuisisi itu dimakdsudkan untuk memberi sinergi yang optimal bagi grup Telkom, antara lain dengan mengoptimalkan sinergi dengan Sigma dalam integrasi layanan, Infomedia dalam layanan anggota melalui Contact Center Outsourcing, Finnet sebagai E-payment gateway, dan Mojopia dalam memberikan layanan one-stop online solution, termasuk healthcare service portal.

Keluarga Ungkap Penyebab Meninggalnya Sopyan Dado, Punya Riwayat Diabetes Hingga Sakit Jantung
Gelandang Mancester United, Donny van de Beek

Siap-siap Angkat Kaki dari Manchester United

Manchester United memiliko rencana untuk menjual Donny van de Beek. Gelandang asal Belanda itu tidak kunjung mendapat tempat di skuad utama tim berjuluk Setan Merah.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024