PLN Menteng Jamin Tak Salah Baca Meteran

VIVAnews - Kini, Perusahaan Listrik Negara Area Pelayanan Menteng, Jakarta Pusat, menerapkan metode six sigma untuk bidang pembacaan meter. Hal ini dilakukan untuk mencapai visi perusahaan yang memiliki pelayanan kelas dunia.

“Berbagai keluhan tentang pencatatan meter, terutama terhadap akurasi pembacaan meter kerap kali muncul dari pelanggan yang sedikit banyak berpengaruh terhadap citra PLN di mata stakeholder-nya,” kata Manajer Area Pelayanan Menteng Najatul Imtihan yang dikutip dari situs PLN pada Rabu 27 Januari 2010.

Tidak hanya itu, kesalahan dalam pencatatan meter juga berdampak terhadap tingkat revenue PLN. Dengan jumlah sekitar 83 ribu pelanggan dan pendapatan Rp 200 miliar per bulan, PLN Area Pelayanan Menteng mempunyai tanggung jawab serius, khususnya dalam meningkatkan kinerja pelayanan untuk pelanggan.

Melalui metode six sigma, PLN ditargetkan untuk mencapai tingkat kesalahan pembacaan meter hanya 3,34 koreksi rekening per satu juta pembacaan meter atau hanya 3,34 kali koreksi rekening per tahun.

Sementara evaluasi tahun 2009 lalu, tingkat koreksi rekening PLN Menteng rata-rata sekitar 7,9 kali koreksi per bulan atau setara 94,91 kali koreksi meter per satu juta pembacaan meter per tahun.

Dengan penerapan six sigma pada fungsi pembacaan meter, diharapkan akurasi pembacaan meter semakin meningkat, keluhan pelanggan semakin berkurang, citra PLN akan semakin meningkat, dan revenue PLN akan semakin baik.

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024