Ancaman Produk Sandang dari China

VIVAnews - Dibukanya perdagangan bebas antara ASEAN dan China berpotensi 'menghancurkan' harga produk sandang buatan dalam negeri. Sepanjang Januari 2010 saja, harga produk lokal sudah melorot.

Badan Pusat Statistik mencatat dari tujuh kelompok pemicu inflasi, hanya kelompok sandang saja yang mengalami deflasi hingga 0,20 persen.

"Pada Januari, ini (penurunan harga) memang tidak ada kaitan dengan produk sandang China yang membanjiri pasaran, tapi itu akan berpotensi menurunkan harga sandang dalam negeri kalau produk China menjadi lebih murah," kata Kepala Badan Pusat Statistik Rusman Heriawan dalam jumpa mengenai inflasi di kantornya, Senin 1 Februari 2010.

BPS mencatat inflasi Januari sebesra 0,84 persen dan inflasi year on year sebesar 3,72 persen. Inflasi terutama dipicu kenaikan harga di kelompok makanan jadi, minuman, rokok dan tembakau yang mencapai 1,93 persen dan kelompok bahan makanan 1,73 persen.

Pada Januari, dari 66 kota tidak ada satu pun yang mengalami deflasi. Inflasi tertinggi terjadi di Maumere dan terendah di Palu dan Sorong.

Apple Kehilangan Posisi sebagai Perusahaan Smartphone Teratas, Kalah Saing dengan Samsung
Isa Bajaj.

Kondisi Anak Isa Bajaj Alami Kekerasan Kemaluan Ditendang, Sampai Periksa ke Poli Kandungan

Putri Isa Bajaj yang bernama Ceria baru saja mengalami kejadian tak menyenangkan ketika sedang bermain di sekitar Alun-alun Magetan, Jawa Timur. Anaknya alami kekerasan.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024