BISNIS

Produk Elektronik China Banjiri Pasar Glodok

Barang made in China itu tampak mendominasi di sejumlah toko elektronik.
Sabtu, 6 Februari 2010
Oleh : Heri Susanto, Ferial
Penjualan elektronik di Glodok

VIVAnews- Berbeda dengan produk makanan, barang-barang elektronik asal China justru bertebaran di pasar Glodok, Jakarta Barat. Bahkan, barang made in China itu tampak mendominasi di sejumlah toko elektronik.

Sebut saja misalnya yang diungkapkan oleh seorang penjaga Toko yang bernama  Ana. Saat ditemui VIVAnews di sebuah toko "CMA Elektronik" di Glodok, dia  menuturkan sejujurnya seluruh barang elektronik yang dijualnya adalah barang dari China.

Menurut dia, toko tempatnya bekerja lebih banyak menjual barang China selain karena harganya murah, juga memiliki variasi model lebih menarik. Tampilan serta spare partnya juga mudah dicari jika terjadi kerusakan.
 
“Semua produk yang ada di sini berasal dari China,”ujar dia, Jumat 5 Februari 2010.
 
Ana mengatakan "CMA Elektronik" menjual berbagai jenis barang, mulai dari playstation, Play Vision Portable (PVP) hingga charger baterei yang sebagian besar dari China.

Dia mengakui produk-produk barang dari Korea maupun Jepang juga dijualnya. Tetapi, itu tergantung pesanan konsumen. Bahkan, dia mengingatkan agar mewaspadai barang-barang seperti LG, Sony ataupun merek terkenal lainnya.
"Sebab, hanya tampilan luarnya saja merek-merek dari Jepang maupun Korea, padahal suku cadangnya tetap berasal dari pabrikan China," kata dia.

TERKAIT
TERPOPULER