BUMN Usulkan Renegosiasi Bea Masuk Baja

VIVAnews - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bakal mengusulkan pengunduran pemberlakukan jadwal penurunan bea masuk untuk 535 pos tarif dalam HS 72 dan 73 yang awalnya direncanakan mulai 2018. Usulan tersebut terkait dengan kesiapan PT Krakatau Steel yang bakal menghadapi  perjanjian perdagangan bebas ASEAN-China (ACFTA)

Dalam bahan Rapat Dengar Pendapat Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, Energi, dan Telekomunikasi Kementerian BUMN dengan Komisi VI DPR di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Senin 8 Februari 2010 disebutkan bahwa Kementerian akan melakukan renegosiasi sebagaimana dilakukan Malaysia dan Thailand.

Saat ini pemerintah China memberikan subsidi berkisar antara 9-13 persen untuk produk jadi yang masuk dalam HS 72 dan 73.

Usulan lain yang akan diupayakan kementerian sebagai rencana program dan peluang menghadapi ACFTA adalah meningkatkan penerapan technical barrier to trade sesuai aturan badan perdagangan dunia (WTO) melalui SNI waji produk baja dalam waktu 3 bulan ke depan.

Selain itu, Kementerian mendorong peningkatan peranan kementerian perindustrian dalam proses sertifikasi SNI dengan melakukan revisi PP Nomor 102/200 tentang standarisasi nasional. Terakhir memasukan pasal penerapan aturan Peningkatan Pemanfaatan Produk Dalam Negeri (P3DN) dalam revisi UU Industri 1974.

Kementerian menjelaskan, kondisi terkini dari industri baja nasional seringkali terkendala dengan adanya penerapan ekspor duty untuk bahan baja, 95 persen produk baja belum mempunyai SNI wajib, perangkat counter measure belum siap dan amat lambat, serta 70 persen industri baja nasional dalam kondisi default di perbankan nasional dan asing.

hadi.suprapto@vivanews.com

Sektor Manufaktur RI Jauh dari Deindustrialisasi, Ekonom Beberkan Buktinya
Anggota DPR RI Fraksi Gerindra, Sumail Abdullah

Berpengalaman di DPR, Sumail Abdullah Dinilai Berpotensi Maju Pilkada Banyuwangi

Anggota DPR dari Fraksi Partai Gerindra, Sumail Abdullah, dinilai menjadi salah satu nama yang berpotensi maju di Pilkada Kabupaten Banyuwangi dalam Pilkada serentak 2024

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024